Calon Jemaah Haji Embarkasi Solo yang Wafat Bertambah Jadi 11 Orang

Calon jemaah haji Darwin Muklas tersebut dilaporkan meninggal karena sakit dirawat di RS An Noor Makkah Arab Saudi.

Kamis, 06 Juni 2024 | 06:27 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Boyolali - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo menyebutkan jumlah calon jemaah Haji asal Jawa Tengah yang meninggal dunia bertambah menjadi 11 orang. Hal tersebut disampaikan oleh Kasubbag Humas PPIH Embarkasi Solo Gentur Rahma Indriadi, di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Rabu.

Jumlah tersebut setelah adanya satu calon jemaah Haji yang meninggal dunia di Tanah Suci bertambah satu orang atas nama Darwin Muklas (85), asal Cilacap Jateng tergabung kloter 24. Sehingga total bertambah menjadi sembilan calon jemaah Haji yang wafat di Tanah Suci dan dua orang di Tanah Air.

BERITA TERKAIT:
Calon Jemaah Haji Embarkasi Solo yang Wafat Bertambah Jadi 11 Orang
Alami Kecelakaan, Dua Calon Jemaah Haji asal Tulungagung Gagal ke Tanah Suci
Lepas Calon Jemaah Haji Kloter 87, Bupati Sragen: Semoga Berangkat Sehat Pulang Juga Sehat
Wapres Maruf Amin Sebut "Fast Track" Bagian Perlakukan Istimewa Saudi untuk Indonesia
Lepas 751 Calon Jamaah Haji, Bupati Yuni Titip Doa untuk Kebaikan Kabupaten Sragen

Dijelaskan Gentur, calon jemaah Haji Darwin Muklas tersebut dilaporkan meninggal karena sakit dirawat di RS An Noor Makkah Arab Saudi pada Selasa (4/6), jenazahnya dimakamkan di Soraya Makkah, sehingga calon haji Embarkasi Solo yang meninggal di Tanah Suci bertambah menjadi sembilan orang dan di Tanah Air ada dua orang sehingga total menjadi 11 orang.

"Calon haji yang meninggal itu masuk kategori risiko tinggi (risti) sedang, penyakit bawaan hipertensi, sebelum meninggal penurunan kondisi kesehatan dan kesadaran, posisi dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI), Senin (3/6), kemudian dirujuk RS An Noor Makkah dan meninggal dunia di sana," katanya.

Menurut dia, meninggalnya calon haji asal Cilacap tersebut pihaknya sudah menghubungi pihak panitia daerah untuk ikut mengucapkan bela sungkawa kepada pihak keluarga calon haji bersangkutan di daerah.

Selain itu, pihaknya juga memberikan imbauan kepada jamaah calon haji yang sudah tiba di Tanah Suci untuk senantiasa menjaga kesehatan dan kebugaran serta mengkonsumsi makanan sesuai dengan waktu mendapatkan jatah tiga kali sehari. Dan, minum air putih yang banyak, karena, kondisi cuaca di Arab Saudi, dengan suhu panas sekitar 40 hingga 42 derajat celsius.

***

tags: #calon jemaah haji #wafat #tanah suci #embarkasi solo

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI