Hadiri Peletakan Batu Pertama, Bupati Tiwi Apresiasi Pembangunan Padamara Muhammadiyah Center

Para lansia di Pondok Pesantren ini nantinya akan mendapatkan pendampingan ekonomi.

Jumat, 07 Juni 2024 | 08:32 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Purbalingga- Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi menghadiri peletakan batu pertama pembangunan Masjid Kompleks Padamara Muhammadiyah Center di Desa Karangjambe, Kecamatan Padamara, Kabupaten Purbalingga, Kamis (6/6/2024). 

Bupati Tiwi sapaan akrab Dyah Hayuning Pratiwi memberikan apresiasi rencana pengembangan Padamara Muhammadiyah Center tersebut dan bersedia ikut membantu pembangunannya. “Saya paham apa yang jadi tujuan visi misi ke depan Padamara Muhammadiyah Center ini," ujarnya. 

BERITA TERKAIT:
Hadiri Peletakan Batu Pertama, Bupati Tiwi Apresiasi Pembangunan Padamara Muhammadiyah Center
Pengusaha Muda Mahendra Fahrizal Ambil Formulir Pendaftaran Cawabup Purbalingga di DPD PDIP Jateng
Tiga Bupati Usulkan Perbaikan Jalan Baturraden-Serang-Belik ke Gubernur Ganjar
400 Dosis Vaksisn Dosis Ketiga Disuntikkan ke ASN Pemkab Purbalingga
150 Pelajar SMP di Purbalingga Terpapar Covid-19, Ujicoba PTM Dihentikan

"Kebetulan kita masih dalam pembahasan APBD 2025 awal, oleh karenanya mengingat cost (Padamara Muhammadiyah Center) ini cukup besar kalau warga Muhammadiyah siap urunan kali ini bupati juga siap urunan,” sambung Bupati Tiwi.

Bantuan untuk Padamara Muhammadiyah center itu, dipastikan Bupati Tiwi akan direalisasikan pada APBD tahun 2025 awal. Bupati berharap bantuan itu nantinya bisa bermanfaat utamanya dalam mendukung proses pembangunan masjid yang rencananya akan dibangun pertama kali.

Ia juga mengapresiasi, Padamara Muhammadiyah Center memiliki konsep yang unik, yakni pengembangan Pondok Pesantren untuk para lanjut usia (lansia). Termasuk di dalamnya juga ada program pemberdayaan. “Ini sangat erat dengan misi Kabupaten Purbalingga untuk mendorong masyarakat yang religius beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Program yang sangat baik, karena di dalamnya juga ada kegiatan pemberdayaan. Diharapkan bisa mewujudkan keluarga besar Muhammadiyah yang mandiri dan memberi manfaat bagi masyarakat,” bebernya.

Perwakilan Pengurus Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Padamara, Iwan Fachrudin mengungkapkan Padamara Muhammadiyah Center dibangun di tanah wakaf dari H Subandoko. “Disamping pembangunan masjid, nantinya juga akan dibangun rumah imam/ustadz dan Pondok Pesantren yang spesifik ke lansia produktif kegiatannya religius keagamaan maupun non keagamaan,” katanya.

Para lansia di Pondok Pesantren ini nantinya akan mendapatkan pendampingan ekonomi. Amal usaha Muhammadiyah yang akan dijalankan meliputi ternak kambing, perikanan, perkebunan hingga dapur pengolahan untuk catering/aqiqah di Padamara Muhammadiyah Center ini. “Insya Allah akan kami capai di tahun 2034,” imbuhnya.

Sesuai rencana pembangunan Padamara Muhammadiyah Center ini mencapai Rp 4,67 miliar. Ia berharap nantinya bisa membantu pemerintah dalam mendorong masyarakat yang religius, membantu pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat, meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan penguatan desa.

***

tags: #kabupaten purbalingga #bupati purbalingga #dyah hayuning pratiwi

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI