Kemenkumham Jateng Gelar Supervisi Pagu Indikatif 2025 UPT Karesidenan Kedu

Kegiatan itu diharapkan meningkatkan kualitas penyusunan penganggaran.

Rabu, 12 Juni 2024 | 18:28 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Wonosobo -Terwujudnya kinerja yang efektif dan efisien berawal dari proses perencanaan yang baik, penyusunan pagu indikatif menjadi kunci dimana ini merupakan tahapan awal pengalokasian anggaran yang telah di tetapkan untuk selanjutnya dialokasikan ke dalam pos-pos anggaran.

Hal tersebut yang mendasari Kanwil Kemenkumham Jateng mengadakan Kegiatan Supervisi Pagu Indikatif 2025 bagi Unit Pelaksana Teknis Karesidenan Kedu di Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Wobosobo, Rabu (12/06).

BERITA TERKAIT:
Tim Kemenkumham Jateng Raih Juara 2 Turnamen Tenis Pengayoman Open 2024
Kemenkumham Jateng Lantik Dua Penyidik PNS dan Dua Notaris Pengganti
ToT Sentra Kekayaan Intelektual dari Expertise, Berikan Pemahaman hingga Praktik Langsung pada Masyarakat
Tinjau MPP Kudus, Tejo Harap Mobile Intellectual Property Clinic Berjalan Optimal
Kemenkumham Jateng Gelar Pelatihan SPIP Terintegrasi dan Manajemen Risiko

Hadir membuka Kegiatan mewakili Kepala Kanwil Tejo Harwanto, yakni Kepala Divisi Administrasi Anton Edward Wardhana.

Mengawali sambutan, Anton Edward menyampaikan pentingnya Penyusunan Pagu Indikatif ini.

"Penyusunan Pagu Indikatif ini sangat penting untuk melihat sejauh mana efektivitas perencanaan dan penganggaran UPT di tahun 2025, kita juga harus mereview terlebih dahulu pelaksanaan anggaran tahun 2024 dan 2023, "ujarnya.

Keterlibatan pimpinan juga dirasa menjadi hal yang penting dengan mempertimbangan prioritas dan urgensi kebutuhan satuan kerja masing-masing.

Ia juga menyampaikan permasalahan yang sering kali ditemukan dalam audit Inspektorat dan BPK terkait perencanaan dan pelaksanaan anggaran.

"Perhatikan proses Pengadaan Barang/Jasa, Akun Belanja Modal dan Belanja Barang, serta Penatausahaan Barang Milik Negara, hal-hal itu sering kali menjadi fokus auditor dalam melakukan pemeriksaan, pastikan semua berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku," imbuhnya.

Terakhir, dirinya berharap kegiatan ini mampu meningkatkan kualitas penyusunan anggaran jajaran Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah.

"Saya berharap seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik sehingga berdampak pada kualitas penyusunan anggaran jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah karena perencanaan merupakan salah satu kunci keberhasilan UPT dalam mencapai output yang tertuang dalam Perjanjian Kinerja serta menghasilkan pelaksanaan kinerja yang efektif dan efisien," pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Kanim Kelas II Non TPI Wonosobo Imam Bahri, Kepala Rutan Kelas IIB Wonosobo Narya, dan Kepala Subbag Program dan Pelaporan Kanwil Jateng Dedi Hartono beserta tim.

***

tags: #kanwil kemenkumham jateng #anggaran #karesidenan kedu

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI