Nadiem Mengeluh, Anggaran Kemendikbud Kurang

"Dalam pagu indikatif 2025, terjadi peningkatan anggaran sebesar Rp 1,4 triliun dibandingkan dengan tahun 2024,

Kamis, 13 Juni 2024 | 13:58 WIB - Didaktika
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim, menyampaikan bahwa pagu indikatif tahun anggaran 2025 yang telah ditetapkan untuk kementeriannya kurang. Pernyataan tersebut diungkapkannya dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR RI yang membahas pagu indikatif Kemendikbudristek tahun anggaran 2025.

"Dalam pagu indikatif 2025, terjadi peningkatan anggaran sebesar Rp 1,4 triliun dibandingkan dengan tahun 2024, namun alokasi tersebut belum mencukupi untuk mendukung kebutuhan kebijakan baru yang tercantum dalam Rancangan Teknokratik RPJMN 2025-2029," ujar Nadiem dalam rapat pada hari Kamis, (13/6/2024).

BERITA TERKAIT:
Anggaran untuk Kemendikbud Kurang, Nadiem Minta Tambahan Rp25 Triliun
Nadiem Mengeluh, Anggaran Kemendikbud Kurang
Disorot Usai Ramai Kenaikan UKT, Berapa Harta Kekayaan Menteri Nadiem Makariem? 
Kenaikan UKT Dibatalkan, Mungkin Tahun Depan
UKT Kampus Naik Tuai Protes, Jokowi Panggil Nadiem

Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Suharti, juga turut menyatakan dalam rapat yang sama bahwa pagu indikatif untuk kementeriannya pada tahun 2025 mencapai Rp 83,18 triliun. Angka ini menurun dari pagu anggaran tahun 2023 sebesar Rp 15,8 triliun.

Oleh karena itu, Suharti mengusulkan tambahan anggaran sebesar Rp 25 triliun untuk tahun 2025. "Kami mengusulkan tambahan anggaran sebesar Rp 25 triliun untuk memastikan kelancaran pelaksanaan program prioritas dan percepatan pembangunan," ujarnya.

Usulan tambahan anggaran tersebut telah dibahas dalam beberapa rapat dengar pendapat antara Komisi X DPR dan kementerian terkait. Suharti juga mencatat bahwa DPR memberikan sejumlah masukan, termasuk peningkatan kualitas perguruan tinggi negeri dan swasta, serta perhatian lebih terhadap pendidikan vokasi dan pendidikan usia dini, serta bidang olahraga.

Komisi X DPR menggelar rapat kerja dengan Kemendikbudristek untuk membahas pagu indikatif serta permintaan tambahan anggaran sebesar Rp 25 triliun untuk Kemendikbud. Hari ini akan diambil keputusan mengenai persetujuan dari Komisi X terkait pagu indikatif dan tambahan anggaran tersebut.

***

tags: #nadiem makarim #kemendikbudristek

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI