Salat Ied di Simpanglima Semarang, Presiden Serahkan Kurban Sapi Seberat 1,25 Ton

Bantuan tersebut akan disalurkan untuk masyarakat yang membutuhkan.

Senin, 17 Juni 2024 | 13:05 WIB - Ragam
Penulis: - . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Semarang - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo melaksanakan sholat Ied Idul Adha berjamaah di halaman masjid Baiturrahman, Simpanglima,  kota Semarang pada Senin (17/6/2024). Selain itu, turut hadir juga Mentri PUPR, Basuki Hadimuljono, Ibu negara, Iriana Jokowi, Walikota Semarang, Heverita Gunariyanti Rahayu, Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana serta  jajaran Forkompinda Jawa Tengah.

Lalu, untuk imam sholat Ied dipimpin oleh KH Zainur Ahmad, pengasuh Ponpes Nurul Qur'an Semarang, sedangkan Khotib yaitu Hasyim Asy'ari, ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia dengan tema "Qurban sebagai Ujian Keimanan".

BERITA TERKAIT:
Ribuan Muslim Antusias Ikuti Salat Ied di Alun-alun Sragen
Salat Ied di Simpanglima Semarang, Presiden Serahkan Kurban Sapi Seberat 1,25 Ton
Presiden RI Dijadwalkan Salat Idul Adha di Kota Semarang Jateng
Minggu Pagi, Ribuan Muslim di Jaksel Laksanakan Salat Idul Adha
Ribuan Jemaah MTA Gelar Salat Ied di Manahan Solo Hari Ini

Seusai sholat eid, ketua MUI Jateng, Ahmad Darodji, menerima bantuan kemasyarakatan dari Presiden Jokowi berupa hewan qurban, sapi simental dengan berat 1250 kilogram berusai ± 5 tahun. 

"Kami sangat berbahagia. Terima kasih kami sampaikan mewakili masyarakat dan berdoa agar beliau (Jokowi-red) diparingi rahmat oleh Allah SWT," ungkapnya. 

Darodji menyebut proses penyembelihan nantinya akan berlangsung di Islamic Center Semarang pada Selasa (18/6/2024). 

"Karena di sini ruangannya sangat terbatas, dan nantinya itu ada 20 ekor sapi. Termasuk sapi dari Pak Jokowi. Nanti juga ada 50 kambing yang disembelih. Sehingga tidak bisa menyembelih di sini, tapi di Islamic Center. Jadi penyerahan di sini penyembelihannya di sana," tambahnya. 

Untuk distribusi, Darodji mengaku telah mengatur sedemikian rupa.  "Ada yang untuk yatim piatu, dan juga dibagikan untuk masyarakat di lokasi. Total jumlah kupon 4.500. Untuk masyarakat kurang lebih 1.000 kupon, lainnya untuk lembaga sosial," tuturnya. 

Sementara itu, Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu merasa senang dengan hadirnya Presiden Joko Widodo untuk melaksanakan Salat Id bersama warga di Kota Semarang. 

"Alhamdulillah sekali kami mewakili pemerintah Kota Semarang dan juga seluruh masyarakat mengucapkan maturnuwun kepada bapak Presiden yang sudah Salat Idul Adha di Simpanglima Kota Semarang," ujarnya.

Dengan ada sholat Ied Idul Adha kali ini, dapat  menjadi penyemangat dan support bagi masyarakat. Terlebih Presiden RI menyerahkan bantuan sapi seberat 1,25 ton untuk masjid Raya Baiturrahman. 

"Bantuan tersebut akan disalurkan untuk masyarakat yang membutuhkan. Tentunya ini akan menjadi penyemangat, support bagi masyarakat Kota Semarang," pungkasnya.

*Ditulis oleh wartawan magang Rahardian Haikal Rakhman

***

tags: #salat ied #simpang lima semarang #jokowi #kurban #sapi

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI