Warga Brebes Bagikan Daging Kurban dengan Daun Jati agar Kurangi Sampah Plastik

"Kami sudah menyarankan kepada panitia untuk tidak menggunakan kantong plastik dalam membungkus daging kurban, melainkan menggunakan daun jati,"

Senin, 17 Juni 2024 | 22:31 WIB - Ragam
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, BrebesDalam upaya mengurangi sampah plastik, warga di Brebes, Jawa Tengah, menggunakan daun jati untuk membungkus daging kurban yang dibagikan kepada warga.

Hal ini dilakukan inisiatif H. Ridhohul Kukham, warga Desa Luwungragi, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, yang membagikan daging hewan kurbannya menggunakan daun jati.

BERITA TERKAIT:
Dua Bulan Obyek Wisata Parin Terendam Rob, Jumlah Pengunjung Turun Drastis
Dana Desa Hampir Rp1 Miliar Ditilep untuk Judi Online, Kades di Brebes Ditahan Kejari
Warga Brebes Bagikan Daging Kurban dengan Daun Jati agar Kurangi Sampah Plastik
Komunitas Penggerak Literasi di Brebes Ikut Mencerdaskan Anak Bangsa
Jelang Pilkada Brebes, Asrofi Datangi PKS dan Nasdem

Tak tanggung-tanggung, Ridho menyembelih 15 ekor sapi sebagai hewan kurban. Ridho menjelaskan, pada perayaan Idul Adha kali ini, ia berkurban 15 sapi di beberapa titik di Desa Luwungragi. Panitia yang terlibat dalam proses penyembelihan dan pembagian adalah warga setempat.

"Kami sudah menyarankan kepada panitia untuk tidak menggunakan kantong plastik dalam membungkus daging kurban, melainkan menggunakan daun jati," ujar Ridho, Senin (17/6).

Ridho menyebutkan bahwa penggunaan daun jati bertujuan untuk mengurangi sampah plastik. sampah plastik selama ini menimbulkan berbagai permasalahan dalam kehidupan, termasuk mengganggu kelestarian lingkungan dan kelangsungan hidup hewan dan tumbuhan.

"Makanya pada momen pembagian daging kurban ini, saya juga mengkampanyekan pengurangan penggunaan plastik," jelas Ridho.

Dari 15 ekor sapi yang disembelih, daging kurban dibagikan di lingkungan Desa Luwungragi dan sejumlah daerah lainnya di Brebes, yang termasuk kategori daerah kemiskinan ekstrem.

"Harapannya, dengan pembagian untuk 3.000 penerima di Brebes ini, masyarakat bisa menikmati perayaan Idul Adha yang penuh makna,” pungkas Ridho.

***

tags: #brebes #hewan kurban #sampah plastik #daging kurban #daun jati

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI