Ini Dia Sapi Termahal di Dunia, Harganya Tembus Rp65 Miliar

Sapi Viatina-19 berasal dari Brasil dan memiliki berat 1.100 kilogram, dua kali lipat lebih berat dari rata-rata sapi seusianya.

Selasa, 18 Juni 2024 | 12:48 WIB - Ragam
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta – Guinness World Records mencatat rekor sapi termahal di dunia yang dijual seharga 4 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 65 miliar. sapi yang memecahkan rekor tersebut dikenal dengan nama Viatina-19 FIV Mara Movéis atau lebih dikenal sebagai sapi Viatina-19.

sapi Viatina-19 berasal dari Brasil dan memiliki berat 1.100 kilogram, dua kali lipat lebih berat dari rata-rata sapi seusianya. Postur tubuhnya besar dengan kulit yang putih bersih seperti salju.

BERITA TERKAIT:
Beternak Itu Menyenangkan. Begini Kiat Praktisi Hewan untuk Peternak Pemula
Insiden Sapi Kurban Ngamuk di Bandar Lampung, Tendang Warga hingga Muntah Darah
Nahas! Terjerat Tali Pengikatnya, Sapi Kurban di Rembang Mati Sebelum Disembelih 
Ini Dia Sapi Termahal di Dunia, Harganya Tembus Rp65 Miliar
Rayakan Idul Adha Bersama, Gereja Katedral Kurban Sapi ke Masjid Istiqlal 

Brasil dikenal sebagai negara eksportir sapi terbesar di dunia dengan populasi ternak mencapai ratusan juta ekor. Namun, kali ini, harga sapi Viatina-19 berhasil memecahkan rekor sebelumnya, bahkan tiga kali lipat lebih mahal.

Pemilik sapi Viatina-19 telah memasang dua papan reklame yang memuji keunggulan hewan tersebut dan mengundang warga untuk melihat langsung keistimewaannya.

Ney Pereira, pemilik sapi Viatina-19, mengungkapkan bahwa diperlukan bertahun-tahun untuk mengembangbiakkan sapi ini dan bahwa mereka tidak berniat untuk menyembelih hewan tersebut. "Kami tidak menyembelih ternak elit. Kami sedang mengembangbiakkannya dan pada akhirnya, akan memberikan manfaat bagi seluruh dunia," katanya.

Pada beberapa acara lelang, sapi ini terjual dengan harga yang sangat tinggi, sering kali dengan pemilik peternakan bersedia untuk berbagi kepemilikan demi memperoleh hewan yang luar biasa ini.

Sel telur dan air mani sapi Viatina-19 diambil untuk dijadikan embrio dan dikembangbiakkan menjadi sapi-sapi super. Harga sel telur Viatina-19 dapat mencapai 250.000 dolar AS atau sekitar Rp 4 miliar.

Menurut Dr. Lorrany Martins, seorang dokter hewan, salah satu faktor yang membuat sapi Viatina-19 begitu berharga adalah kemampuannya untuk menghasilkan otot dalam jumlah besar dengan cepat. Selain itu, hewan ini subur dan sering kali melahirkan keturunan dengan gen yang sama dengan induknya.

***

tags: #sapi #guinness world records #mahal

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI