Evaluasi Ibadah Haji 2024, DPR RI Siapkan Pansus

Pansus itu bertujuan agar pelayanan kualitas haji ke depan bisa makin lebih baik.

Selasa, 18 Juni 2024 | 12:54 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Jakarta – Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) akan melakukan evaluasi pelaksanaan Ibadah Haji 2024. Dalam hal ini, DPR RI telah menyiapkan panitia khusus (pansus).

"Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR berencana membentuk pansus untuk mengevaluasi penyelenggaraan Ibadah Haji 2024," kata Ketua DPR RI Puan Maharani, Senin.

BERITA TERKAIT:
Tanggapi Disahkannya Pansus Angket Haji, Menag: Kita Ikuti Saja
DPR RI Setujui Pembentukan Pansus Angket Haji
Puan Pastikan Terus Perkuat Fungsi Pengawasan Anggaran Negara
Evaluasi Ibadah Haji 2024, DPR RI Siapkan Pansus
Dinilai Pengamat Politik Paling Pas Menjadi Gubernur Jateng, Berikut Profil Bambang ‘’Pacul’’ Wuryanto

Puan mengatakan, Timwas Haji DPR masih menemukan banyak kebijakan yang perlu perbaikan guna meningkatkan kualitas pelayanan haji.

Beberapa aspek yang menjadi perhatian Timwas Haji DPR, kata dia, di antaranya terkait dengan manajemen kuota haji, petugas haji, dan anggaran haji.

"DPR RI akan mendengar laporan resmi dari Timwas Haji. Dan tentunya kami DPR akan mendukung langkah-langkah yang harus dilakukan sepanjang untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan efisiensi pelaksanaan Ibadah Haji," tuturnya.

Lebih lanjut, ia menerangkan bahwa pansus itu bertujuan agar pelayanan kualitas haji ke depan bisa makin lebih baik. Apalagi, evaluasinya secara komprehensif sehingga dapat memperbaiki kekurangan-kekurangan pada pelaksanaan Ibadah Haji 2024.

"Meskipun pelaksanaan Ibadah Haji tahun ini lebih kondusif ketimbang tahun lalu, kualitas pelayanan harus terus ditingkatkan," sambungnya.

Sebelumnya, anggota Timwas Haji DPR RI Diah Pitaloka menegaskan bahwa pansus Haji bukan hanya sifatnya normatif, melainkan banyak sekali yang sifatnya praktis.

"Misalnya, manajemen kuota haji, manajemen petugas haji, dan manajemen keuangan haji. Sistem-sistem ini hampir tiap tahun, waktu sangat terbatas," kata Diah Pitaloka menegaskan.

***

tags: #dpr ri #ibadah haji #puan maharani #pansus

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI