Kapolda Jateng: Peristiwa Bos Rental Asal Jakarta di Pati Jangan Terulang!

Kegiatan itu dilakukan sebagai upaya preemtif dan preventif.

Kamis, 20 Juni 2024 | 19:31 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Pati - Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi menegaskan peristiwa pengeroyokan bos rental mobil asal Jakarta di Sukolilo, Pati, Jawa Tengah tak boleh terulang. Bila ada dugaan akan adanya peristiwa pidana, warga wajib lapor polisi. 

"Perilaku main hakim sendiri seperti tragedi bos rental mobil asal Jakarta yang tewas, jangan terulang kembali!. Salah satu penegak hukum adalah Polisi. Polri adalah representasi negara di masyarakat. Kita ndak boleh main hakim sendiri. Masyarakat tidak boleh bertindak seperti Polisi. Kalau ada permasalahan lapor polisi,” kata Kapolda, saat berkunjung ke Sukolilo, Pati, Jumat (20/6). 

BERITA TERKAIT:
Lantik 246 Bintara Baru, Kapolda Jateng Sampaikan Sejumlah Pesan
Upacara HUT ke-78 Polri, Kapolda Jateng Pamit Hendak Pensiun
Kapolda Jateng: Peristiwa Bos Rental Asal Jakarta di Pati Jangan Terulang!
Jumlah Tersangka Kasus Pengeroyokan di Pati Bertambah Jadi 10 Orang
Kapolda Jateng : Rasa Aman Adalah Hak Setiap Warga

Dia menegaskan masyarakat tidak boleh bertindak semena-mena kepada para pelaku kejahatan atau orang yang diduga melakukan pelanggaran hukum. Proses hukum harus diserahkan kepada pihak Kepolisian.

“Hukum itu mengatur tatanan hubungan kita bersama. Indonesia adalah Negara hukum dan hukum adalah panglima tertinggi yang menjaga ketertiban di wilayah kita," jelasnya. 

Usai kegiatan, dalam sesi Doorstop Kapolda  menyebut bahwa kegiatan yang dilakukan ini sebagai upaya Preemtif dan Prefentif  terkait upaya penegakan hukum dengan cara memberikan pemahaman  dan edukasi hukum kepada masyarakat. Selain itu juga sebagai bentuk pemulihan situasi di tengah masyarakat.

Melalui awak media, dirinya menitip pesan kepada masyarakat untuk bisa mengendalikan diri serta tidak terpancing emosi yang berujung pada tindakan yang menimbulkan akibat fatal dan berimplikasi pada hukum.

***

tags: #kapolda jawa tengah #rental mobil #kabupaten pati #sukolilo

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI