Seluruh warga binaan dikumpulkan di lapangan di sela-sela penggeledahan kamar hunian yang dilakukan oleh tim gabungan dengan dipimpin Kalapas Brebes, Isnawan, Jumat (21/6/2104) sore. Foto. Eko S/Kuasakata.com

Seluruh warga binaan dikumpulkan di lapangan di sela-sela penggeledahan kamar hunian yang dilakukan oleh tim gabungan dengan dipimpin Kalapas Brebes, Isnawan, Jumat (21/6/2104) sore. Foto. Eko S/Kuasakata.com

Peringati HANI 2024, Kalapas Brebes Pimpin Penggeledahan Kamar Hunian Warga Binaan

Tim gabung menggeledah semua kamar hunian.

Jumat, 21 Juni 2024 | 22:15 WIB - Ragam
Penulis: Eko S . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Brebes -  Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Brebes, Isnawan memimpin penggeledahan kamar warga binaan. penggeledahan dengan melibatkan BNN Kota Tegal, Polres Brebes dan Kodim 0713/Brebes ini,  digelar pada Jumat (21/6/2024) sore.

"penggeledahan kamar hunian warga binaan Lapas Brebes sebagai komitmen dalam rangka Pencegahan,  Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN). Hal ini dilakukan  sebagai bentuk transparansi, sinergi dan akuntabilitas," ucap Isnawan.

BERITA TERKAIT:
16 Warga Binaan Lapas Brebes Ikuti Cek Biometrik dan Perekaman KTP Elektronik
Kalapas Brebes Imbau jajaran Lapas Brebes Tidak Main Judi Online
Lapas Brebes Tandatangani Kerjasama Tugas dan Fungsi Pemasyarakatan dengan Polres Brebes
Lapas Brebes Gelar Pelatihan Bahasa Isyarat
Lapas Brebes Gelar Rapat Penyusunan dan Draft Perjanjian Kerjasama dengan Polres Brebes

Menurut Isnawan, momen peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) Tahun 2024 ini, menjadi media yang baik untuk memperkuat komitmen tersebut. 

penggeledahan di kamar hunian warga binaan di Lapas Kelas IIB Brebes bersama dengan tim gabungan dilakukan pasca adanya upaya penyelundupan obat-obatan terlarang yang dibawa pengunjung ke dalam lapas beberapa waktu lalu.

Ratusan warga binaan dan seluruh kamar digeledah petugas gabungan. Termasuk petugas membawa alat metal detektor mencegah ada barang berbahaya di dalam kamar hunian.

Isnawan lebih jauh menjelaskan,  pihaknya mendukung penuh upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba dan obat terlarang di dalam Lapas Brebes. 

"Kita juga berkomitmen perang melawan narkoba. Makanya, pihak Lapas Brebes secara rutin terus merazia barang bawaan milk para warga binaan," lanjut Isnawan.

Termasuk, kata Isnawan, beberapa waktu lalu, Lapas Kelas IIB Brebes telah berhasil menangkap seorang pengunjung dari luar kota yang berusaha menyelundupkan obat-obatan terlarang yang dimasukkan dalam perut makanan olahan ikan. 

"Kami juga rutin melakukan penggeledahan di dalam kamar-kamar hunian warga binaan di dalam lapas. Bahkan, dalam satu bulan penggeledahan dilakukan hingga lebih 12 kali, dengan waktu yang tidak ditentukan," ucap Isnawan.

Tidak hanya penggeledahan, tandas Isnawan, upaya lainnya yang dilakukan Lapas Brebes juga kerap kali melakukan tes urine kepada warga binaan, termasuk para pegawai di Lapas Kelas IIB Brebes.

"Ini sebagai bentuk komitmen kami bahwa Lapas Brebes perang melawan penyalahgunaan narkoba dan obat-obatan terlarang," tandas Isnawan.

Sementara itu, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tegal, Nasrudin mengemukakan, razia dilakukan sebagai upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba dan peredaran gelap di dalam Lapas Brebes. Apalagi, hingga saat ini masih banyak anggapan miring masyarakat soal adanya peredaran narkoba di dalam lembaga permasyarakatan  

"Makanya kami tidak ingin adanya anggapan banyak orang yang menjadikan lapas sarang penyalahgunaan narkoba dan peredaran gelap. Terbukti, razia yang digelar di Lapas Brebes bersih dari penyalahgunaan serta peredaran gelap narkotika dan obat-obatan terlarang," tutur Nasrudin.

Sedangkan, Kasatresnarkoba Polres Brebes AKP Heru Irawan mengatakan,  dari hasil razia yang dilakukan petugas gabungan di Lapas Brebes, tidak ditemukan unsur narkoba.

"Tim gabungan sudah menggeledah semua kamar hunian warga binaan Lapas Brebes. Namun, tidak ditemukan adanya unsur narkoba," pungkas Heru.

***

tags: #lapas kelas iib brebes #warga binaan #narkoba #penggeledahan

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI