Kocak! Baru Mualaf, Pria Papua Bawa Babi ke Masjid untuk Hewan Kurban

Alih-alih sapi atau kambing, pria yang diketahui baru mualaf asal Papua ini justru membawa seekor babi untuk dijadikan hewan kurban

Sabtu, 22 Juni 2024 | 12:28 WIB - Ragam
Penulis: - . Editor: Hani

KUASAKATACOM, Jakarta - Baru-baru ini masih dalam suasana Hari Raya Idul Adha, media sosial dihebokan dengan peristiwa seorang pria yang secara tiba-tiba datang ke masjid dengan membawa hewan yang niatnya untuk disumbangkan sebagai hewan kurban

Namun sayangnya, bukan sapi ataupun kambing yang ia bawa, melainkan seekor babi yang ia bawa. Peristiwa tersebut viral usai diunggah melalui media sosial, Tiktok oleh akun @hinata.shoyo 1441.

BERITA TERKAIT:
Mulai Bosan dengan Menu Daging Kurban, Coba Bikin Pepes Tahu Yuk!
Kocak! Baru Mualaf, Pria Papua Bawa Babi ke Masjid untuk Hewan Kurban
IdulAdha 2024, PDIP Kota Semarang Sembelih Tiga Sapi dan Lima Kambing
Libur Idul Adha 2024, KCIC Jual 85 Ribu Tiket Kereta Cepat
Jadi Incaran Saat Idul Adha, Benarkah Makan "Torpedo" Kambing Tingkatkan Gairah Seks?  

Di dalam unggahan tersebut, terlihat seorang pria dengan penuh percaya dirinya datang ke sebuah masjid sambil membawa seekor hewan yang ditaruh di bagian belakang mobil pick up.  

Alih-alih sapi atau kambing, pria yang diketahui baru mualaf asal Papua ini justru membawa seekor babi untuk dijadikan hewan kurban untuk dibagikan pada pihak masjid maupun warga setempat. 

Di awal video, pria mualaf itu mengungkapkan bahwa babi yang dibawanya itu sengaja diberikan untuk dijadikan hewan kurban kepada salah seorang pengurus masjid. "Kurban Haji," terangnya.

Kurban kan?" tanya orang lain yang ada di sekitar lokasi sambil kembali memastikan dengan apa yang dibawanya. 

"Iyaa," katanya lagi.

"Alhamdulillah," ujar yang lain menimpali.

Sementara di teras masjid, seorang pria yang dipanggil Pak Ustadz ini pun hanya bisa tertawa setelah melihat ke arah babi yang dibawa oleh pria mualaf asal Papua tersebut.

"Pak Ustad ready?" tanyanya lagi.

"Ready, ini namanya anu," ujar Pak Ustad yang dipotong oleh orang lain. 

Seorang pria lainnya pun turut menyapa mualaf tersebut dan mengatakan bahwa hewan babi hanya bisa untuk dijadikan mas kawin untuk menikah. 

"Ini buat mas kawin boleh ini, masuk ini, sudah," kata perekam video.  Lebih lanjut, perekam video ini pun mengaku bahwa baru kali pertama melihat hewan babi.  Di mana disebutnya babi memiliki kulit belang. "Aku lagek eruh iki loh (aku baru lihat babi pertama ini loh)," ungkap perekam video. 

Seperti diketahui dari dalam video tersebut, tampaknya pria mualaf itu belum tahu jika babi diharamkan dalam Islam. Selain itu, pria yang membawa mobil pick up beserta babi itu diketahui belum paham terkait konsep berkurban, syarat serta jenis hewan apa saja yang boleh maupun tidak diperbolehkan untuk kurban.

*Ditulis oleh wartawan magang Rahardian Haikal Rakhman

***

tags: #idul adha #pria #papua #babi #hewan kurban

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI