Wisatawan Beri Makan Sampah Plastik ke Kuda Nil di Taman Safari, Kini Pelaku Dicari 

Akibat tindakannya tersebut, saat ini pelaku sedang diburu oleh pengelola wisata Taman Safari Indonesia Bogor.

Minggu, 23 Juni 2024 | 11:55 WIB - Ragam
Penulis: - . Editor: Hani

KUASAKATACOM, Jakarta - Baru-baru ini media sosial dihebohkan dengan tindakan kurang terpuji seorang wisatawan yang tengah berada di dalam mobil memberikan makan sampah plastik ke kuda nil di Taman Safari Indonesia (TSI) Bogor, Jawa Barat. Diketahui, wisatawan tersebut sering melakukan pelanggaran peraturan selama berkunjung ke Taman Safari Bogor

Akibat tindakannya tersebut, saat ini pelaku sedang diburu oleh pengelola wisata Taman Safari Indonesia Bogor. Peristiwa itu viral usai diunggahan melalui video. Kemudian, di dalam diperlihatkan sejumlah wisatawan yang berada di dalam mobil tampak sedang memberi makan wortel ke seekor rusa dan kuda nil. 

BERITA TERKAIT:
Wisatawan Beri Makan Sampah Plastik ke Kuda Nil di Taman Safari, Kini Pelaku Dicari 
KLHK Prediksi Ada 608 Ton Sampah Plastik Setelah Idul Adha
Tak Melulu Kompos, Ibu-ibu di Gianyar Bali Dilatih Olah Sampah Kulit Buah Jadi Camilan 
Sampah Jadi Masalah Serius di Yogyakarta, Kemenag Imbau Idul Adha Pakai Besek 
Membuat Perubahan Mulai dari Dapur: Panduan Memilah Sampah Rumah Tangga

Dalam video pertama, pengunjung terebut memasukkan wortel ke hidung rusa. Lalu dalam video kedua, gantian seekor kuda nil disodorkan wortel, saat hewan itu membuka mulut, pengunjung tersebut malah melempar sampah plastik ke mulut kuda nil.

Head of Media and Digital TSI Bogor, Finky Santika menjelaskan bahwa, berdasarkan hasil penyelidikan, pengunjung tidak memiliki etika tersebut mengenakan kendaraan dengan plat nomor B 1949 CIC. Ia menambahkan, saat ini pihaknya sedang melakukan penelusuran data terhadap pengunjung yang melakukan pelanggaran untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. 

"Terutama perihal identitas pengunjung tersebut agar yang bersangkutan mendapatkan sanksi peringatan berupa penyataan maaf atas tindakannya tersebut. Sehingga bisa menjadi pelajaran bagi pengunjung lain untuk taat terhadap SOP," ujarnya Sabtu (22/6/2024).

Finky menyebut, wisatawan tersebut kerap melakukan pelanggaran peraturan selama di Taman Safari Bogor, mulai membuka jendela di area harimau hingga memasukan wortel ke hidung hewan. 

"Menurut keterangan saksi, pengunjung tersebut juga melanggar SOP di area harimau yakni membuka jendela mobil dan petugas berkali-kali menegur yang bersangkutan,"tambahnya. 

Selain itu, pengunjung tersebut juga melanggar aturan dengan menyentuh bagian tubuh dari hewan zebra.

"Di area zebra, pengunjung ini juga menepuk pantat zebra yang secara aturan dilarang keras. Petugas yang jaga di lokasi juga sudah menegur yang bersangkutan,"pungkasnya. 

Pihaknya menyayangkan aksi ini dan meminta pengunjung lain tidak meniru sikap tidak terpuji tersebut. 

"TSI sebagai lembaga konservasi yang menjunjung tinggi nilai kinservasi dan perlindungan satwa mengutuk dan mengecam keras tindakan pengunjung tersebut," ucapnya. Adapun plastik yang masuk ke dalam tubuh kuda nil saat ini sudah di keluarkan oleh petugas.

*Ditulis oleh wartawan magang Rahardian Haikal Rakhman

***

tags: #sampah #indonesia #bogor #makan #wisatawan

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI