Daerah yang Di-blacklist Pengusaha Rental Selain Pati, Mana Saja?

"Saya memutuskan untuk mem-blacklist Pati berdasarkan pengalaman rekan yang mobilnya tidak bisa diambil sampai sekarang," ucapnya.

Senin, 24 Juni 2024 | 17:50 WIB - Ragam
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, PatiSeorang pengusaha rental mobil memutuskan untuk mem-blacklist penyewa yang berasal dari Pati, Jawa Tengah. Namun, ternyata, kebijakan serupa juga diterapkan terhadap warga dari dua provinsi lain sejak tahun 2020.

Salah satu pengusaha yang menerapkan kebijakan ini adalah FSP, seorang pengusaha rental mobil dari Yogyakarta. Ketika dihubungi, FSP mengakui bahwa ia telah mem-blacklist penyewa yang memiliki KTP Kabupaten Pati sejak tahun 2020.

BERITA TERKAIT:
Kebakaran SPBU di Pati, Satu Orang Tewas Terjebak Dalam Mobil 
Heboh! Mayat Wanita Ditemukan di Kos-kosan di Pati, Diduga Korban Pembunuhan
Viral Kades Deklarasi Dukungan Cabup Pati dan Cagub Jateng, Bawaslu Kecolongan 
Daerah yang Di-blacklist Pengusaha Rental Selain Pati, Mana Saja?
Pati Geger! Seorang Pria Tewas di Sumur Rumahnya

Keputusan ini tidak diambil begitu saja. FSP mendapatkan informasi dari rekan-rekannya di industri rental yang mengalami kesulitan mengambil kembali mobil mereka setelah berada di daerah Pati.

"Saya sudah mem-blacklist sejak tahun 2020. Pada awal pandemi COVID-19, seorang rekan rental memberitahukan di grup WhatsApp bahwa mobilnya tidak bisa diambil setelah berada di daerah tersebut," ujarnya.

Selain Pati, FSP juga mem-blacklist beberapa wilayah lain seperti Magetan, Jawa Timur, dan Lampung. FSP mengakui bahwa ia pernah mengalami pengalaman buruk ketika pertama kali membuka usaha rental mobil. Salah satu mobilnya digadaikan di Magetan, Jawa Timur.

"Saya memutuskan untuk mem-blacklist Pati berdasarkan pengalaman rekan yang mobilnya tidak bisa diambil sampai sekarang," ucapnya.

"Di Magetan, saya mengalami mobil saya digadaikan," tambahnya.

"Saya baru-baru ini memutuskan untuk mem-blacklist Pati, meskipun sebenarnya itu sudah lama terjadi. Saya bersyukur belum pernah mengalami hal serupa di Sukolilo. Namun, di Magetan pernah," katanya.

Seorang pemilik rental lainnya di Yogyakarta, D, juga mengatakan bahwa ada beberapa zona merah bagi pengusaha rental mobil.

"Tidak hanya Pati, ada daerah lain yang juga perlu kita waspadai," ungkap D.

***

tags: #pati #pengusaha #rental mobil

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI