Pantarlih Desa Dukuhturi, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes resmi dilantik dan diambil sumpahnya di balai desa setempat, Senin (24/6/2024). Foto. Eko S/Kuasakata

Pantarlih Desa Dukuhturi, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes resmi dilantik dan diambil sumpahnya di balai desa setempat, Senin (24/6/2024). Foto. Eko S/Kuasakata

Pantarlih Desa Dukuhturi Bumiayu Langsung Turun Lapangan Lakukan Coklit Usai Dilantik

Para Pantarluh akan bekerja selama satu bulan penuh.

Senin, 24 Juni 2024 | 21:06 WIB - Ragam
Penulis: Eko S . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Brebes - Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) Desa Dukuhturi, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah  mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) dan langsung turun lapangan untuk melakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih usai dilantik, Senin (24/6/2024).

Ketua PPS Desa Dukuhturi Wasirin menjelaskan, sebanyak 30 Pantarlih di Desa Dukuhturi telah dilantik.

BERITA TERKAIT:
BBPJT Gelar Bimtek Penyusunan Media Pendamping Bahan Ajar BIPA 
Pantarlih Desa Dukuhturi Bumiayu Langsung Turun Lapangan Lakukan Coklit Usai Dilantik
BNNP Jateng Gelar Bimtek Guna Ajak Instansi Pemerintah Turut Perangi Narkoba
DPMPTSP Kab Magelang Gelar Bimtek Implementasi Perizinan Berusaha Berbasis Risiko
Buka Bimtek Desain Produk untuk Pelaku Ekraf, Mbak Ita: Destinasi Wisata Kota Semarang Komplit

" Usai pelantikan dan Bimtek, Pantarlih langsung turun ke lapangan untuk melakukan coklit data pemilih," ucap Wasirin.

Sementara, Ketua KPU Brebes, Manja Lestari Damanik kepada sejumlah wartawan menjelaskan, pelantikan anggota Pantarlih ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.

“Selain dilantik, para petugas Pantarlih mendapatkan Bimbingan Teknis (bimtek) dan pencocokan penelitian (coklit) data pada sejumlah tokoh masyarakat,” lanjut Manja Lestari Damanik.

Kemudian, lanjutnya,  data yang sudah di cocokkan akan menjadi daftar pemilih sementara (DPS) dan kemudian akan diolah menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT), untuk proses coklit hari ini difokuskan pada tokoh-tokoh masyarakat dan tokoh agama di setiap wilayah. 

"Untuk Kabupaten Brebes sebanyak 5.687  petugas Pantarlih dilantik dan mulai bekerja untuk memastikan data pemilih akurat dan valid," terang Manja Lestari Damanik.

Menurutnya, setelah pelantikan dan bimtek, para Pantarlih akan segera melakukan coklit, mencocokkan data pemilih dengan KTP dan KK untuk memastikan kebenarannya. Ini adalah langkah awal dari rangkaian proses menuju DPT yang akurat.

"Para Pantarlih akan bekerja selama satu bulan penuh, dengan melaporkan hasil kerja mereka setiap minggu kepada KPU. Tugas mereka sangat vital untuk memastikan setiap warga yang berhak memilih dapat terdaftar dengan benar. Sehingga, pelaksanaan Pilkada 2024 dapat berjalan lancar dan kegiatan ini akan dilakukan selama kurang lebih satu bulan," pungkas Manja Lestari Damanik.

***

tags: #bimbingan teknis #pantarlih #kabupaten brebes #daftar pemilih tetap

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI