Pemkab Kebumen akan Beri BPJS Ketenagakerjaan untuk Penderas Nira

Guna membangun sebuah daerah, menurut Arif butuh anggaran yang besar di tengah keterbatasan APBD.

Rabu, 26 Juni 2024 | 13:03 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Kebumen- Pemerintah Kabupaten Kebumen bakal memberikan jaminan BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan, kepada para penderes nila kelapa di kabupaten tersebut. Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menyampaikan halitu saat mengisi acara peningkatan kapasitas bersama kepala desa, RT dan RW se Kecamatan Ayah, di Desa Jintung, Ayah, Selasa (25/6/2024). 

Menurut Arif para penederas nira kelapa itu perlu mendapat jaminan BPJS untuk memberikan rasa aman dan nyaman saat bekerja. Oleh itu, Pemkab Kebumen akan segera melakukan pendataan. "Saya minta Pak Kades dan Pak Camat untuk melakukan pendataan, berapa jumlah penderes di Kabupaten Kebumen. Kita akan berikan BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan yang pembiayaannya dijamin Pemkab," katanya.

BERITA TERKAIT:
Pemkab Kebumen akan Beri BPJS Ketenagakerjaan untuk Penderas Nira
Tingkatkan Kinerja Pertanian,Pemkab Kebumen Kembangkan Corporate Farming
Wujud Kepedulian, Pemkab Kebumen Segera Data Guru TK dan PAUD
Pemkab Buton Tengah Kunker di Kebumen untuk Belajar Shrimp Estate
Pemkab Kebumen Sepanjang 2023 Bangun Jalan Sepanjang 41 Km

Berkaitan dengan program itu, Arif Sugiyanto meminta kepada para penderes yang juga banyak menjabat sebagai kepala RT atau RW untuk berkoordinasi dengan Kades dan Camat setempat, guna memudahkan adminstrasi. "Kalau ada yang nanya cara mengurusnya bagaimana bapak Bupati? Saya sarankan koordinasi ke Kades sama Camat, jangan ke yang lain, lewat jalur pemerintahan yang resmi," tandasnya.

Ia menegaskan, dirinya tidak pernah menjanjikan sesuatu kepada masyarakat, yang ia sampaikan adalah rencana program pemerintah daerah yang diinisiasinya. "Karena sering kali ketika kepala daerahnya ganti, maka programnya pun ikut diganti. Otomatis tidak terealisasi. Sehingga dalam menjabat sebagai bupati saya tidak memberikan janji secara pribadi, tapi yang kita berikan adalah program," ucapnya.

Misalnya, program pemberiaan insentif untuk ketua RT dan RW. Diakui, meskipun tidak banyak, pemberian insentif untuk RT RW baru ada di era pemerintahannya. "Alhamdulillah sekarang RT-RW di Kebumen sekarang sudah bisa mendapatkan insentif dari Pemda," tuturnya.

Menurutnya hal itu terlaksana karena masuk dalam program pemerintah. Arif menyatakan, dirinya dipercaya mengelola uang negara, maka ia merasa uang negara dalam APBD itu harus digunakan untuk kepentingan masyarakat melalui program-program yang sudah direncanakan bersama.

Guna membangun sebuah daerah, menurut Arif butuh anggaran yang besar di tengah keterbatasan APBD. Misalnya untuk membangun jalan rusak saja butuh anggaran mencapai triliunan. Ia pun dituntut untuk bisa mencari solusi dalam keterbatasan itu.

"Kita patur bersyukur alhamdulillah sekarang jalan di Ayah, dari Karangbolong sampai Logending sudah mulus. Ini kita bangun tidak menggunakan APBD, tapi kita cari, kita mintakan ke Pemerintah Pusat, begitu juga jalan Deandles dari Mirit sampai Puring yang sedang dibangun, itu juga dari APBN," pungkasnya.

***

tags: #pemerintah kabupaten kebumen #bupati kebumen #arif sugiyanto #bpjs ketenagakerjaan #kesehatan

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI