Pj Bupati Cilacap Berharap HARGANAS Jadi Momentum Bentuk Generasi Emas

Fajar juga menginginkan akan lebih banyak PIK-R di Kelurahannya agar lebih banyak lagi remaja yang terlibat dan semakin jauh dari hal-hal negatif.

Rabu, 26 Juni 2024 | 13:25 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Cilacap- Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana mengajak 400 Penyuluh KB di seluruh wilayah kabupaten tersebut untuk melakukan olahraga bersama di Ruang Terbuka Hijau Bangga Mbangun Desa, Rabu (26/6/2024). 

Kegiatan itu diadakan dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) Ke-31 tingkat Kabupaten Cilacap tahun 2024.

BERITA TERKAIT:
Pj Bupati Cilacap Lepas Glenys sebagai Paskibraka Nasional 2024
Pj Bupati Cilacap Sampaikan Jawaban Terhadap Pandangan Umum Fraksi Tentang RPJPD 2025-2045
Awaluddin Muuri Serahkan 125 Motor kepada Koordinator PLKB se-Cilacap
Pj Bupati Cilacap Berharap HARGANAS Jadi Momentum Bentuk Generasi Emas
Pj Bupati Cilacap Lantik 28 Pejabat Baru

Penjabat (Pj) Bupati Cilacap, Awaluddin Muuri di acara itu menyampaikan bahwa keluarga merupakan satu-satunya institusi sosial yang diterima dalam masyarakat, dan memiliki peran sentral bagi pembangunan manusia, pembinaan generasi baru, serta sebagai sarana pemenuhan kebutuhan religius, mental dan sosial.

“Dalam mempersiapkan dan mencetak generasi yang tangguh dan berkualitas, keluarga mempunyai peran sangat penting karena melalui keluarga, pembentukan generasi yang kuat dan sehat dimulai. Hal ini sesuai dengan tema HARGANAS hari ini yaitu “Keluarga Berkualitas menuju Indonesia Emas”,” ucapnya.

Ia berharap momentum HARGANAS ini menjadi daya bangkit dalam percepatan capaian Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana. “Dengan semangat HARGANAS ke-31 tahun 2024, mari kita bersama-sama menyatukan dan mensinergikan gerak dan langkah keluarga Indonesia mencegah stunting dan kita ciptakan Keluarga Berkualitas menuju Indonesia Emas,” tutupnya.

Sedangkan, Ketua PIK-R Mudha Miguna Tegar Nurul Aziz peraih Juara I Lomba PIK-R tingkat Kabupaten Cilacap, mengatakan bahwa dirinya tidak menyangka jika dia dan teman-temannya bisa berhasil menjadi Juara I dan penghargaan ini akan menjadi motivasi PIK-R Mudha Miguna untuk lebih aktif menjalankan program dan menjadi pendamping remaja di lingkungannya.

“Kami tidak menyangka karena sebenarnya PIK-R kami ini baru berusia 2 tahun. Tapi kedepannya kami akan berprogres lagi dan menjalankan program kerja kami yaitu Miguna Cup yang merupakan event perlombaan berbagai cabang olahraga antar remaja dan BK2R atau Bimbingan Konseling Rahasia Remaja yang merupakan wadah untuk teman-teman remaja di lingkungan untuk bercerita dan akan kita rahasiakan,” kata mahasiswa Pendidikan Penjaskes Universitas Jenderal Soedirman itu.

Fajar juga menginginkan akan lebih banyak PIK-R di Kelurahannya agar lebih banyak lagi remaja yang terlibat dan semakin jauh dari hal-hal negatif. “Kami ingin melakukan sosialisasi dan mengajak teman-teman dari RW lain, karena kami ini dari RW 14 Kelurahan Gumilir untuk bisa memiliki PIK-R yang aktif dan maju seperti kami supaya remaja-remaja akan jauh dari kegiatan yang merugikan dan aktif dalam hal positif,” ujarnya. 

Di acara itu juga dilakukan penyerahan penghargaan dan uang pembinaan kepada pemenang Lomba dalam rangka HARGANAS Ke-31 tingkat Kabupaten Cilacap tahun 2024. Yang pertama Lomba Pelayanan KB Kesehatan Muslimat, Juara I diraih oleh Pimpinan Anak Cabang (PAC) NU Kecamatan Sidareja, Juara II diberikan kepada PAC NU Kecamatan Kampung Laut, sementara PAC NU Kecamatan Cipari.

Kemudian untuk Lomba Pelayanan KB Kesehatan Aisyiyah, Juara I adalah Pimpinan Cabang (PC) Aisyiyah Kecamatan Maos, Juara II dimenangkan oleh (PC) Aisyiyah Kecamatan Jeruklegi, dan Juara III diberikan kepada PC Aisyiyah Kecamatan Cimanggu.

Selanjutnya untuk Lomba IMP (Institusi Masyarakat Pedesaan), Juara I dimenangkan oleh Aniatul Baroroh PPKBD (Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa) Desa Bulaksari Kecamatan Bantarsari, Juara II adalah Endang Sri Sumiati PKKBD Desa Kaliwungu Kecamatan Kedungreja dan Juara III diberikan kepada Suljiyah PKKBD Desa Surusunda Kecamatan Karangpucung.

Terakhir untuk Lomba PIK-R (Pusat Informasi Konseling Remaja), Juara I diberikan kepada PIK-R Mudha Miguna dari Kelurahan Gumilir Kecamatan Cilacap Utara, Juara II adalah PIK-R Santoso SMK Negeri Nusawungu Kecamatan Nusawungu, dan Juara III diperoleh PIK-R Beraksi Desa Jenang Kecamatan Majenang. Juara Harapan I diberikan kepada PIK-R Tri Bhuana Desa Ujunggagak Kecamatan Kampung Laut dan Juara Harapan II diperoleh oleh PIK-R Alaska SMK Negeri 1 Kawunganten Kecamatan Kawunganten.

***

tags: #pj bupati cilacap #hari keluarga nasional #kabupaten cilacap #awaluddin muuri #generasi emas 2045

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI