Wabup Klaten: PKUB Desa dan Kecamatan Memiliki Peran Penting

PKUB desa dan kecamatan memiliki peran penting dalam menjaga kondusivitas masyarakat.

Kamis, 27 Juni 2024 | 06:03 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Klaten – Wakil Bupati (Wabup) Klaten Yoga Hardaya menerima kunjungan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Banjar, Jawa Barat, Rabu (26/6/2024). Kunjungan tersebut dalam rangka studi tiru pembentukan Paguyuban Kerukunan Umat Beragama (PKUB) tingkat desa dan kecamatan yang diinisiasi oleh FKUB Kabupaten Klaten.

Rombongan FKUB Kota Banjar diterima di Ruang Rapat Utama B2 Setda Klaten. Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Klaten didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Klaten, Anif Solikhin, Ketua FKUB Klaten KH Syamsudin Asrofi beserta pengurus, serta perwakilan OPD terkait.

BERITA TERKAIT:
Wabup Klaten: PKUB Desa dan Kecamatan Memiliki Peran Penting
Gerbang Watugong Jateng Ajukan Banding soal Pembentukan FKUB Jawa Tengah 2024-2029
Sejumlah Tokoh Agama di Jawa Tengah Ajukan Keberatan Kepengurusan FKUB 2024-2029
Pemkab Batang dan FKUB Gelar Doa Bersama Jaga Kerukunan Masyarakat
Penghujung Ramadan, Polres Semarang Musnahkan Ribuan Liter Miras

Dalam kesempatan tersebut, Yoga menyampaikan keberadaan PKUB tingkat desa dan kecamatan di Kabupaten Klaten berperan besar dalam menjaga kondusivitas wilayah. Khususnya, menurut Wakil Bupati, saat pelaksanaan Pilkades serentak hingga Pemilu 2024.

PKUB desa dan kecamatan memiliki peran penting dalam menjaga kondusivitas masyarakat selama pelaksaan pesta demokrasi di Kabupaten Klaten, baik Pilkades serentak hingga Pemilu 2024. Selama pelaksanaannya tidak ada isu SARA yang beredar di masyarakat,” paparnya dikutip dari laman resmi Pemkab Klaten, Kamis.

Sementara itu, Plt Ketua FKUB Kota Banjar, Endang Syarif Hidayat menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan tersebut adalah untuk bertukar pengalaman terkait pembentukan PKUB tingkat desa dan kecamatan. Menurutnya keberadaan PKUB tingkat desa dan kecamatan di Kabupaten Klaten ini selaras dengan program kampung moderatisasi beragama di Kota Banjar.

“Maksud kedatangan kami di Klaten yaitu untuk berdiskusi dan bertukar pengalaman dalam pembentukan PKUB tingkat desa dan kecamatan di Kabupaten Klaten. Dalam kesempatan ini, kami bermaksud untuk mengadopsi program yang bisa kami terapkan dalam program kampung moderatisasi beragama yang saat ini sedang kami susun,” ungkapnya.

Endang mengatakan keberadaan PKUB di 401 desa dan kelurahan serta 26 kecamatan di Kabupaten Klaten ini merupakan salah satu bentuk keberhasilan dalam upaya menjaga kerukunan umat beragama di daerah.

Usai ramah tamah, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan program PKUB tingkat desa dan kecamatan oleh FKUB Kabupaten Klaten

***

tags: #fkub #pkub #klaten #banjar

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI