Tejo Tinjau Pelaksanaan Tugas dan Fungsi di 3 UPT Baru Nusakambangan

3 UPT baru tersebut telah beroperasi dengan baik.

Kamis, 27 Juni 2024 | 18:34 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Nusakambangan - 3 Unit Pelaksana Teknis (UPT) baru di Nusakambangan telah beroperasi. Meninjau pelaksanaan tugas dan fungsi di ketiga UPT tersebut, Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng Tejo Harwanto lakukan kunjungan singkat.

Lapas Kelas IIB Nirbaya menjadi Satuan Kerja pertama yang didatangi. Di UPT tipe minimum sekuriti itu, Tejo menaruh atensi pada minimnya juga Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang ada.

BERITA TERKAIT:
Kemenkumham Jateng Terima Kunjungan Kerja Sekretariat Komisi III DPR RI
Kadiv Administrasi Kemenkumham Jateng Tinjau Pembangunan Zona Integritas Rutan Kudus
Kemenkumham Jateng Laksanakan Rekonsiliasi Data Notaris
Kemenkumham Jateng Gelar Rekonsiliasi dan Pemutakhiran Data Laporan Keuangan dan BMN Semester I 2024
Tejo Tinjau Pelaksanaan Tugas dan Fungsi di 3 UPT Baru Nusakambangan

Dia berharap, ke depan Lapas Nirbaya dapat dihuni setidaknya 10 hingga 20 WBP, agar Lapas itu bisa bekerja optimal sebagai Lapas Industri.

"Kalau bisa nanti diisi sepuluh sampai dua puluh orang," pesan Tejo.

Diketahui, saat ini Lapas Nirbaya baru diisi dua napi. Sorotan yang sama disampaikan Tejo saat mengunjungi Lapas Kelas IIA Gladakan. Dengan 106 jumlah pegawai, Lapas Gladakan baru diisi 50 napi. 

Tejo menilai, dengan kekuatan personil yang cukup besar, Lapas Gladakan mampu untuk membina WBK lebih dari yang tercatat saat ini.

"Kalau bisa ditambah lagi. Jangankan lima puluh, empat ratus saya yakin masih mampu," ujar Tejo.

"Yang penting semua petugas harus bersinergi, harus saling mengisi dan harus saling berempati. Kalo ada kekosongan di bagian tertentu harus bisa diisi oleh yang lain," tambahnya.

Destinasi terakhir, Tejo yang didampingi Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi Pengelolaan Basan dan  Keamanan Kemenkumham Jateng, Jefri Purnama, meninjau Lapas Kelas IIA Ngaseman.

Di sini, Tejo hanya melakukan pemantauan melalui cctv yang ada di control room.

Kondisi sekitar Lapas yang cukup gersang menyita perhatian pria 58 tahun itu. Ia berpesan agar area sekitar gedung perkantoran dapat ditumbuhi dengan tanaman buah-buahan.

"Kalau bisa kasih tanaman buah-buahan. Kalau besar nanti kan bisa jadi legacy," tutur Tejo kepada Kepala Lapas Ngaseman.

Secara keseluruhan, 3 UPT baru Nusakambangan tersebut telah beroperasi dengan baik. Dukungan sarana prasarana, Nomenklatur, Sumber Daya Manusia (SDM) dan anggaran dirasa telah cukup maksimal.

kunjungan kerja Tejo di Nusakambangan ditutup dengan kegiatan pengarahan dan penguatan kepada jajaran Lapas Kelas IIA Gladakan, Lapas Kelas IIA Ngaseman dan Lapas Kelas IIB Nirbaya, yang berlangsung di aula Lapas Ngaseman Nusakambangan.

***

tags: #kanwil kemenkumham jateng #nusakambangan #kunjungan kerja #unit pelaksana teknis

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI