Terdampak Longsor, Sebuah Ruas Jalan di Cikaler Sukabumi Lumpuh Total

Bencana tanah longsor itu dipicu oleh hujan deras yang turun dari siang hingga malam.

Minggu, 30 Juni 2024 | 04:32 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Sukabumi - Material longsor menutup jalan raya Jampangtengah-Lengkong tepatnya di Kampung Cikaler, Kabupaten Sukabumi, Jabar, pada Sabtu malam. Saat ini, material longsor dalam proses pembersihan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi.

"Alat berat yang diturunkan ke lokasi bencana di Desa Bantaragung, Kecamatan Jampangtengah tersebut merupakan bantuan dari salah satu perusahaan. Hingga pukul 22.00 WIB akses jalan masih belum bisa dilalui kendaraan," kata Manajer Pusat Pengendalian Operasi BPBD Kabupaten Sukabumi Daeng Sutisna, Sabtu.

BERITA TERKAIT:
Terdampak Longsor, Sebuah Ruas Jalan di Cikaler Sukabumi Lumpuh Total
Tim SAR Diimbau Tetap Utamakan Keselamatan saat Lakukan Evakuasi Korban
Tertimbun Longsor, Belasan Rumah di Trenggalek Rusak
20 Orang Tewas akibat Bencana Tanah Longsor di Tana Toraja
Mbak Ita Minta Penanganan Longsor di Sendangmulyo Semarang secara Detail dan Komprehensif

Informasi dari BPBD setempat, bencana tanah longsor itu dipicu oleh hujan deras yang turun dari siang hingga malam, sehingga tebing tanah yang berada di pinggir jalan raya Jampangtengah-Lengkong retak-retak dan akhirnya longsor.

Selain menutup badan jalan, dikabarkan ada rumah warga yang terdampak  namun belum diketahui apakah ada korban atau tidak, karena sampai saat ini petugas BPBD Kabupaten Sukabumi yang dibantu oleh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Jampangtengah masih fokus mengevakuasi tanah dan melakukan pendataan.

Namun saat proses evakuasi material longsor terjadi kendala, di mana alat berat jenis bulldozer yang diturunkan mengalami kerusakan sehingga proses penanggulangan bencana tersendat.

Kendala lainnya yang dialami oleh petugas gabungan adalah lokasi kejadian yang minim penerangan ditambah hujan deras yang masih terus turun  sehingga petugas yang dibantu sukarelawan harus waspada dan harus mengantisipasi terjadinya longsor susulan.

Daeng mengatakan, untuk dampak dari bencana tanah longsor ini masih dalam pendataan dan pihaknya mengimbau kepada warga khususnya pengendara kendaraan bermotor yang melintas di jalan raya Jampangtengah-Lengkong untuk berhati -hati karena untuk sementara waktu masih belum bisa dilalui kendaraan secara normal.

***

tags: #longsor #sukabumi #bpbd

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI