Bulan Ini Menteri-menteri Jokowi Mulai Bisa Ngantor di IKN 

"Sisanya akan selesai bertahap pada bulan September dan Oktober. Semua unit akan dilengkapi dengan perabotan lengkap," tambahnya.

Senin, 01 Juli 2024 | 11:53 WIB - Ekonomi
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - Menteri-Menteri dalam Kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan untuk mulai menempati kantor mereka di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada akhir Juli 2024. 

Kesiapan infrastruktur dasar seperti Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM) sudah mencapai tahap sebagian selesai, sementara uji coba pasokan air bersih dijadwalkan masuk pertengahan Juli.

BERITA TERKAIT:
Bulan Ini Menteri-menteri Jokowi Mulai Bisa Ngantor di IKN 
Empat Menteri Hadir di Sidang Sengketa Pilpres 2024 
Jokowi Lantik AHY Jadi Menteri ATR/Kepala BPN Rabu Pagi
Mahfud MD akan Mundur dari Menteri, Begini Tanggapan Jokowi
Tanggapan Jokowi Soal Sri Mulyani dan Beberapa Menteri Mundur: Namanya Tahun Politik

"Pada akhir Juli, beberapa rumah jabatan Menteri sudah dapat dihuni," kata Kasatgas Pembangunan Infrastruktur IKN dari Kementerian PUPR, Danis H. Sumadilaga.

Danis menjelaskan bahwa saat ini sekitar 14 rumah jabatan Menteri diperkirakan siap ditempati pada akhir Juli. Total 36 rumah ini diharapkan selesai sepenuhnya pada September - Oktober mendatang.

"Sisanya akan selesai bertahap pada bulan September dan Oktober. Semua unit akan dilengkapi dengan perabotan lengkap," tambahnya.

Untuk infrastruktur air bersih, Danis mengungkapkan bahwa Kementerian PUPR menargetkan uji coba atau comissioning pada tanggal 10 Juli 2024. Ini berarti pada pertengahan bulan Juli, pasokan air bersih sudah akan terintegrasi ke berbagai fasilitas di IKN, termasuk Kantor Presiden, Istana Presiden, rumah jabatan Menteri, dan lainnya.

"Rencana kami adalah melakukan commissioning sekitar tanggal 10 Juli, sehingga mulai pertengahan Juli air bersih akan tersedia di kantor-kantor, apartemen, dan rumah Menteri di IKN," jelasnya.

"Kami berharap semuanya dapat terselesaikan bertahap hingga akhir Juli," lanjutnya.

Sebelumnya, berdasarkan laporan detikProperti, Danis menyebutkan bahwa pada akhir Juli ini diperkirakan ada 14 RTJM di IKN yang siap huni, dengan progres pembangunan mencapai 91,7% per 6 Juni 2024.

"Rencana kami saat ini adalah memiliki 14 unit RTJM yang siap ditempati pada akhir Juli," ujar Danis kepada awak media pada Jumat (28/6/2024).

***

tags: #menteri #ikn #presiden joko widodo

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI