15.600 Orang di Kudus Nganggur, Ini Kata Pemkab? 

Dalam catatannya, jumlah angkatan kerja di Kudus adalah sebanyak 489.462. 

Selasa, 02 Juli 2024 | 17:24 WIB - Ragam
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Kudus - Jumlah warga Kabupaten Kudus yang menganggur tercatat sebanyak 15.600 jiwa per Juni 2024. Data tersebut berdasarkan laporan Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disnakerperinkop-UKM) Kudus

Dalam catatannya, jumlah angkatan kerja di Kudus adalah sebanyak 489.462. Kepala Disnakerperinkop-UKM Kudus Rini Kartika Hadi Ahmawati mengatakan, pihaknya telah melakukan sejumlah upaya untuk menurunkan angka pengangguran.

BERITA TERKAIT:
15.600 Orang di Kudus Nganggur, Ini Kata Pemkab? 

Mulai dari pelatihan keterampilan kerja sampai menggelar job fair. Ke depan bahkan akan membangun sistem yang mempertemukan pencari kerja dan pemberi kerja atau perusahaan.

Masih cukup banyaknya angka pengangguran di Kabupaten Kudus menurut Rini karena ada sejumlah hal. Padahal pada kenyataannya banyak perusahaan di Kudus yang saat ini lagi gencar-gencarnya membuka lowongan pekerjaan.

Di antaranya penyebabnya karena pencari kerja belum memiliki mental untuk terjun di dunia industri.

“Terutama yang fresh graduate untuk kesiapan mental kurang dari sisi pendidikan karakter juga kurang."

"Maunya kerja enak gajinya juga banyak padahal di ketentuan masa kerja 0 sampai 1 tahun dasar upah adalah UMK (Upah Minimum Kabupaten) ini perlu pemahaman bagi para pencari kerja di Kabupaten Kudus,” kata Rini seusai sosialisasi wajib lapor lowongan pekerjaan dan penempatan tenaga kerja di aula Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT) Megawon Kudus, Senin (1/7/2024).

Saat ini, kata Rini, jumlah perusahaan di Kabupaten Kudus mencapai 1.219 perusahaan. Beberapa di antaranya saat ini masih membuka lowongan pekerjaan.

“Dari total perusahaan yang ada di Kudus, baru sekitar 250 perusahaan di Kudus yang melaporkan ke kami secara lengkap."


 

***

tags: #menganggur #dinas tenaga kerja #pengangguran #kudus

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI