Dr H Abdul Wahab SAg MSi (Kakan Kemenag Kabupaten Brebes). Foto. Eko S/Kuasakata.com

Dr H Abdul Wahab SAg MSi (Kakan Kemenag Kabupaten Brebes). Foto. Eko S/Kuasakata.com

Kakan Kemenag Brebes : 4 Haji Wafat dan 2 Lainnya Sakit Dirawat di Arab Saudi

Empat haji asal Brebes meninggal dunia di Tanah Suci.

Rabu, 03 Juli 2024 | 06:54 WIB - Ragam
Penulis: Eko S . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Brebes - Kepala Kantor  Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kabupaten Brebes, Dr H Abdul Wahab SAg MSi menjelaskan, sebanyak empat jamaah haji asal Kabupaten Brebes wafat di Tanah Suci Mekah selama perhelatan haji tahun 2024. Sementara, dua jamaah haji lainnya hingga saat ini masih berada di Negara Arab Saudi menjalani perawatan intensif karena jatuh sakit.

"Keempat jamaah haji yang wafat tersebut yakni, Hj Tasriyah Wage Salwan (65) dari kloter 26, H Salwan Wahyu Karnab (85) kloter 27, dan Hj Maroah Takwad Sakwan (75) kloter 26 serta H Kasmui Bin Takim (kloter 26)," tandas Abdul Wahab saat dihubungi di ruang kerjanya, Selasa (2/7/2024).

BERITA TERKAIT:
Kemenag Fungsikan Dua Debarkasi Baru
Kakan Kemenag Brebes : 4 Haji Wafat dan 2 Lainnya Sakit Dirawat di Arab Saudi
PPIH Fasilitasi Jemaah Sakit KKHI Ziarah ke Nabawi
Kemenag Buka Kemungkinan Haji Pasien KKHI Dipulangkan Lebih Awal
Penghulu Diminta Edukasi Calon Pengantin Soal Bahaya Judi Online 

Abdul Wahab yang didampingi Kasi PHU H Misbachudin SAg MH dan Kasubag TU Dr H Akrom Jangka Daosat MSi menambahkan, sementara dua jamaah haji Kabupaten  Brebes yang  belum pulang ke tanah air akibat sakit atas nama Hj Suparmi Partowiyono (63) dari 25 kloter  dan Hj Rumsiah (83) dari kloter 24. Keduanya saat ini masih menjalani perawatan di salah satu rumah sakit di Mekah. 

"Sedangkan satu jamaah haji yang sudah tiba di tanah air namun belum sampai di Kabupaten Brebes karena sakit yakni H Machruf (74) dari kloter 26. Beliau saat ini masih menjalani perawatan di RSUP Surakarta," lanjutnya.

Abdul Wahab menambahkan, untuk jamaah asal Kabupaten Brebes sudah tiba kembali di tanah sejak Sabtu (29/6/2024). Namun, ada dua jamaah haji yang masih di Tanah Suci Mekah menjalankan ibadah haji. 

'Kedua jamaah haji tersebut tergabung dalam kloter 100 (Sapu Jagat) dan Insya Allah akan kembali ke tanah air pada Senin, 22Juli 2024 sekitar pukul 02.00 pagi," terang Abdul Wahab.

Abdul Wahab menuturkan, untuk tahun 2024 ini, jamaah haji asal Kabupaten Brebes berjumlah 1053 orang. Ditambah untuk petugas haji daerah (PHD) sebanyak 8 orang. Jadi total, jamaah haji asal Kabupaten Brebes yang menunaikan ibadah haji tahun ini sejumlah 1061 orang.

"Dari jumlah tersebut, empat haji meninggal dunia di Tanah Suci Mekah. Mudah-mudahan almarhum dan almarhumah menjadi haji mabrur dan diterima amal ibadahnya serta ditempatkan yang terbaik di sisi Allah SWT. Keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran pula. Kami dari Kemenag Kabupaten Brebes juga sudah melayat ke rumah duka setelah menerima informasi tentang wafatnya empat jamaah haji di Tanah Suci Mekah," pungkas Abdul Wahab.

***

tags: #kementerian agama #tanah suci #kabupaten brebes #meninggal dunia #jemaah haji

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI