Beredar Video Firli Bahuri Main Badminton di GOR Djarum

KPK tidak bisa menjelaskan keberadaan Firli, sebab kasus Firli sedang ditangani lembaga lain.

Sabtu, 06 Juli 2024 | 20:38 WIB - Ragam
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri dikabarkan menghilang bersamaan dengan ketidakjelasan kasus pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo sejak November 2023.

Dalam kasus yang ditangani Polda Metro Jaya tersebut, Firli sudah tujuh bulan berstatus sebagai tersangka.

BERITA TERKAIT:
Firli Tak juga Ditahan, MAKI Desak Polda Metro Lindungi Saksi ke LPSK
Beredar Video Firli Bahuri Main Badminton di GOR Djarum
Masa Pencekalan Firli Bahuri Diperpanjang hingga Desember 2024
Didesak Tahan Firli Bahuri, Kapolri: Pemeriksaan Masih Berjalan
Bila Terus Mangkir dari Panggilan, Firli Bahuri Bisa Ditetapkan Buron 

Namun, dalam sebuah unggahan di media sosial, Firli terekam kamera sedang bermain bulu tangkis bersama Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon atau The Minions di GOR Djarum, Jl Slipi I, No 57, Jakarta Barat.

Firli tertangkap kamera sedang bermain bulu tangkis usai videonya diunggah oleh akun X @caramelscroffle.

"Finally!! Our MINIONS," cuit akun @caramelscroffle di platform X, pada Sabtu (6/7).

Video berdurasi 59 detik itu memperlihatkan Firli bermain melawan Marcus/Kevin. Dalam video tersebut juga terdengar suara, "Jangan kendor, serang terus."

Menanggapi itu, Hariyanto Arbi selaku panitia pelaksana acara tersebut menyebut pertandingan itu hanya acara kumpul-kumpul.

"Acara kumpul-kumpul saja, tidak [soal Kevin/Marcus kembali main profesional]. Kalau itu tanya mereka [Kevin/Marcus]. Kita cuma ngumpul," ujar Hariyanto, saat dikonfirmasi, Sabtu (6/7).

Hariyanto juga membenarkan bahwa acara tersebut diselenggarakan di GOR Djarum, Jakarta Barat, pada Sabtu (6/7) pagi hari.

Hariyanto mengatakan yang bermain bukan hanya Kevin/Marcus, melainkan ada legenda lainnya, seperti Tontowi Ahmad, Susy Susanti, dan Alan Budikusuma. "Banyak, ada Susy (Susanti) dan Alan (Budikusuma)," paparnya.

Saat dimintai keterangan soal adanya Firli dalam laga di GOR Djarum, Hariyanto mengatakan bahwa dirinya tidak mengetahui hal tersebut. "Lah tahu dari mana? Gak tahu ya," tandas Hariyanto Arbi.

Keberadaan Firli ini sempat dipertanyakan dalam rapat Komisi III DPR RI dengan KPK pada Senin, 1 Juli 2024. Ketua KPK Nawawi Pamolango pun berdalih tidak tahu lagi dengan nasib Firli.

Anggota Komisi III DPR RI Fraksi Demokrat Benny K Harman meminta penjelasan kepada KPK tentang perkembangan kasus Firli.

"Tolong jelaskan ada apa dengan ketua KPK? Jelaskan itu, jelaskan kepada publik, bukan kepada kami supaya publik tahu, jangan didiamkan. Publik tidak tahu ada apa di KPK ini, Ketua KPK-nya menghilang, masa menghilang begitu saja?" ungkap Benny.

KPK tidak bisa menjelaskan keberadaan Firli, sebab kasus Firli sedang ditangani lembaga lain.

"Citra lembaga kami memang menjadi sangat terpuruk akibat penetapan tersangka pada ketua terdahulu, tetapi harus dipahami juga bahwa persoalan yang dihadapi oleh ketua terdahulu sampai sekarang itu tidak jelas. Berkas perkaranya hanya bolak-balik pada tingkat Kepolisian Daerah Metro dan Kejaksaan Tinggi DKI," ungkap Nawawi.

Berbeda dengan kebanyakan pelaku kejahatan lain yang langsung ditahan begitu berstatus tersangka, Firli sampai hari ini tidak kunjung ditahan. Padahal, semakin banyak fakta persidangan yang menguatkan dirinya menerima aliran uang dari mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Baru-baru ini, Firli bahkan tidak sungkan meminta perkaranya untuk dihentikan.

***

tags: #firli bahuri #kpk

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI