Kontes Kecantikan Entok Digelar di Kebumen 

Ratusan mentok berjejer rapi dan memperlihatkan tubuh montoknya untuk memikat hati dewan juri.

Rabu, 10 Juli 2024 | 18:22 WIB - Budaya
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Kebumen - Sebuah komunitas pecinta entok atau mentok di Kabupaten Kebumen menggelar kontes kecantikan. Seperti diketahui entok merupakan unggas yang diminati untuk dikonsumsi dagingnya. 

Kontes kecantikann diikuti peserta bahkan dari luar Kebumen. kontes kecantikan Mentok itu diselenggarakan Komunitas Sedulur entok di lapangan salah satu perguruan tinggi swasta di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah (Jateng). 

BERITA TERKAIT:
Kontes Kecantikan Entok Digelar di Kebumen 

Ratusan mentok berjejer rapi dan memperlihatkan tubuh montoknya untuk memikat hati dewan juri.

Pada kontes kecantikan ini, entok-entok tersebut dilombakan dalam dua kategori yakni berat badan dan hias. 

Kategori bobot, entok dikelompokkan sesuai jenisnya lalu diukur panjang badan, lingkar badan, serta ditimbang untuk mengetahui berat badan. Sedangkan kategori hias, entok akan dinilai dari jenis, postur, dan keindahan, serta kebersihan bulu entok.

Kontes unggas yang masih satu kerabat dengan bebek itu selalu ramai diikuti para peserta dari berbagai komunitas. Tak hanya warga Kebumen, kontes ini juga diikuti peserta dari berbagai kota dari Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, hingga Yogyakarta.

Kontes entok bertujuan memasyarkatkan entok, bukan hanya sebagai ternak untuk konsumsi, tetapi juga bisa dijadikan hewan hias. entok-entok dengan bobot jumbo ini dapat menjadi peluang bisnis karena memiliki harga yang fantastis hingga jutaan rupiah, terlebih entok-entok tersebut memiliki predikat juara. 

***

tags: #kontes kecantikan #entok #kebumen

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI