Pria Ini Manfaatkan Anak di Bawah Umur untuk Kirim Sabu ke Pelanggan

ZA tidak memberitahukan kepada MR dan MF terkait isi dari barang yang diambilnya tersebut adalah narkotika..

Kamis, 11 Juli 2024 | 12:19 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Denpasar – Seorang kurir narkoba berinisial ZA (41) diringkus polisi di Denpasar, Bali. Pelaku memanfaatkan anak di bawah umur untuk mengirim narkotika jenis sabu kepada pelanggannya. Pengungkapan ini terjadi ketika Tim Pemberantasan BNNP Bali mengamankan dua orang anak laki-laki yang sedang membawa bungkusan cokelat, Jumat (5/7).
 
Kepala Bidang Pemberantasan BNNP Bali Komisaris Besar Polisi I Made Sinar Subawa mengatakan, pihaknya  menangkap ZA karena menyuruh MR dan MF mengambil dan mengedarkan paket narkotika jenis sabu seberat 107,44 gram bruto atau 106,6 gram netto. Untuk diketahui, ZA sendiri merupakan ayah kandung dari MR, sedangkan MF adalah teman sepermainan MR.
  
"Pada saat diperiksa oleh petugas dan disaksikan oleh saki-saksi, bungkusan cokelat tersebut berisi kristal bening diduga narkotika jenis sabu yang memiliki berat 107,44 gram bruto atau 106,6 gram netto," kata Subawa.
 
Berdasarkan hasil interogasi, kedua orang laki-laki tersebut berinisial MR dan MF yang merupakan anak di bawah umur. Menurut keterangan keduanya, mereka disuruh mengambil bungkusan cokelat tersebut oleh ZA, ayah MR dengan dijanjikan uang Rp200.000 tanpa diberitahu apa isi bungkusan tersebut.

Berdasarkan informasi tersebut, kemudian Tim BNNP Bali melakukan pengembangan, sehingga sekira pukul 23.30 Wita, Tim BNNP Bali menemukan ZA di rumahnya di Jalan Kebo Iwa, Gang III, Desa/Kelurahan Ubung Kaja, Kecamatan Denpasar Utara.
 
Hasil interogasi mencatat, pria kelahiran Sampang-Madura-Jatim yang berprofesi sebagai buruh bangunan itu membenarkan bahwa dirinya yang telah menyuruh MF dan MR untuk mengambil barang di pinggir Jalan Pura Demak Lange 1, Desa/Kel. Pemecutan Kelod Kecamatan Denpasar Barat.
 
Namun, ZA tidak memberitahukan kepada MR dan MF terkait isi dari barang yang diambilnya tersebut adalah narkotika.
 
Selanjutnya, ZA dibawa ke Kantor BNNP Bali untuk dilakukan proses lebih lanjut. Sementara itu, dua anak MR dan MF telah dikembalikan kepada keluarganya.
 
Adapun tersangka AZ yang berperan sebagai kurir dikenakan pasal 114 ayat (2) atau Pasal 112 ayat (2) Undang-undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

BERITA TERKAIT:
Pria Ini Manfaatkan Anak di Bawah Umur untuk Kirim Sabu ke Pelanggan

***

tags: #badan narkotika nasional provinsi #bnnp #bali #kurir #narkoba

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI