Jelang AFF U 19, Indra Sjafri Panggil 28 Pemain Termasuk Jens Raven 

Kamis, 11 Juli 2024 | 17:29 WIB - Olahraga
Penulis: - . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - Menjelang kompetisi AFF U-19, pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri telah memanggil 28 nama pemain untuk membela Skuad Garuda Nusantara di laga bergensi tersebut. Salah satunya pemain yang ia panggil yaitu Jens Raven. Saat kompetisi piala AFF U-19 2024 nanti, Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah. Turnamen antar tim muda negara ASEAN ini dihelat di kota Pahlwan mulai tanggal 17-29 Juli 2024 mendatang.

Sebagai tuan rumah, Timnas Indonesia U-19 tentu memasang target tinggi di laga ini. Garuda Nusantara bertekad untuk dapat melaju sejauh mungkin di turnamen tersebut. Indra Sjafri selaku pelatih kepala Timnas Indonesia U-19 sudah mempersiapkan tim dengan sebaik mungkin. Jika melihat sekilas daftar 28 pemain yang dipanggil Indra Sjafri, mayoritas merupakan pemain-pemain yang sudah dipanggil untuk mengikuti Toulon Tournament.

BERITA TERKAIT:
Indonesia Vs Filipina: Garuda Muda Menang Telak 6-0
Jelang Piala AFF U-19, Indra Sjafri: Saya akan Berusaha Memenuhi Target
Jelang AFF U 19, Indra Sjafri Panggil 28 Pemain Termasuk Jens Raven 
Garuda Muda Terus Asah Skill Jelang Turnamen ASEAN U-19 Boys Championship 2024
9 Fakta Hokky Caraka yang Disebut Jadi Penerus Ronaldo

Turnamen yang digelar pada bulan lalu itu, memang dipakai untuk persiapan turnamen piala AFF U-19. Meski tidak semua nama masuk dalam daftar tersebut. Ada beberapa perampingan dalam skuat Timnas Indonesia U-19, di mana pemain abroad yang dipakai di Toulon Tournament tidak banyak yang tersisa untuk piala AFF U-19. Dalam daftar resminya, Indra Sjafri memutuskan untuk menggunakan dua pemain yang berkarir di luar negeri untuk tampil di laga ini. Yang pertama adalah Welber Jardim. Gelandang Sao Paolo itu dipastikan akan membela Timnas Indonesia U-19 di turnamen ini. Sementara Jens Raven yang telah mengambil sumpah menjadi WNI juga dipastikan akan turun membela Timnas Indonesia U-19 di turnamen ini.


Untuk mempersiapkan turnament tersebut, pelatih asal Sumatera Barat itu tengah melakukan pemusatan latihan di Surabaya. Sebelum, ia telah melakukan pemusatan latihan di Jakarta pada tanggal 23 Juli sampai 9 Juli lalu. Indra Sjafri memang sudah melakukan seleksi, dan hasilnya lima pemain dicoret. Ini pun bukan skuad final. Nanti, sang juru taktik akan mengerucutkan kembali jumlah pemain sebelum didaftarkan buat turnamen.

"Ini adalah pengerucutan tim, dari 33 pemain, dikurangi lima pemain untuk dibawa ke Surabaya. 28 pemain ini yang akan saya bawa untuk TC lanjutan di Surabaya," ujar Indra Sjafri.

"Nanti akan dikurangi lagi, dari 28 pemain itu nanti hanya boleh 23 pemain. Jadi kami masih mengurangi lima pemain lagi nantinya didaftarkan ke AFF," tambahnya.

Sejatinya, Timnas U-19 Indonesia berencana melakoni satu uji coba lagi di Surabaya sebelum ASEAN U-19 Championship 2024 dimulai. Namun, mengingat waktu yang kian singkat, sedangkan pekerjaan rumah masih banyak, Indra Sjafri memutuskan untuk membatalkan agenda tersebut.

"Sebelumnya saya pernah katakan akan melakukan uji coba melawan tim PON Jawa Timur, namun urung dilaksanakan,"ungkapnya. 

"Sebab kami akan terus fokus memperbaiki tim, untuk lebih menyiapkan dan mengoptimalkan tim ini (kebugaran fisik dan lain-lain) menyongsong turnamen mendatang," tambahnya.


Indra mengatakan, uji coba melawan PON Jawa Timur batal digelar karena ia fokus memperbaiki timnya. Menurut Indra, ia memilih lebih menyiapkan dan mengoptimalkan timnya memperbaiki kebugaran fisik dan yang lainnya menyongsong turnamen mendatang. Timnas U-19 tergabung di Grup A piala AFF U-19 2024 bersama Timor Leste, Kamboja, dan Filipina. Mereka akan melakoni laga perdana melawan Filipina pada Rabu (17/7/2024), lalu Kamboja pada Sabtu (20/7/2024), dan terakhir melawan Timor Leste pada Selasa (23/7/2024). Semuanya akan dimainkan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.


Berikut adalah 28 nama pemain untuk memperkuat Timnas Indonesia U-19 di piala AFF U-19 2024:

Kiper
I Wayan A Wiguna (Bali United)
Fitrah M. Ridwan (Persib Bandung)
Ikram Al Giffari (Semen Padang)

Bek
Dony Tri Pamungkas (Persija Jakarta)
Rahmat Syawal (PSIS Semarang)
Iqbal Gwijangge (Barito Putera)
Alfahrezi B (Borneo FC)
Meshaal H (Persija Jakarta)
M Farhan (Persija Jakarta)
M Mufli (PSM Makassar)
Kadek Arel (Bali United)
Sulthan Zaky (PSM Makassar)
Rizdjar Nurviat (Borneo FC)

Gelandang
M. Kafiatur (Dewa United)
Fandi Bagus P (Bhayangkara FC)
M. Darel Valentino (Persib Bandung)
A. Felix Kamuru (Barito Putera)
Figo Dennis (Persija Jakarta)
Tony Firmansyah (Persebaya Surabaya)
Welber Jardim (Sao Paolo FC)
Ji Da Bin (ASIOP)

Penyerang
Muhammad Ragil (Bhayangkara FC)
M. Mufdi Iskandar (Malut Selection)
Marselinus AMA (UD Logrones)
M. Riski Afrisal (Madura United)
Arkhan Kaka (Persis Solo)
Arlyansyah A (Persija Jakarta)
Jens Reven (Dordrecht)

*Ditulis oleh wartawan magang Rahardian Haikal Rakhman

***

tags: #timnas indonesia u-19 #piala aff u-19 #indra sjafri

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI