Apresiasi Rodshow Bus KPK di Taman Indonesia Kaya, Nana Sudjana Harapkan Digelar Setahun Sekali

Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata mengatakan, ada dua tujuan utama diselenggarakannya roadshow Bus KPK.

Kamis, 11 Juli 2024 | 16:28 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Semarang-  Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana mengapresiasi kegiatan roadshow Bus Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang hadir di Taman Indonesia Kaya, Kota Semarang, pada 11 sampai 14 Juli 2024. 

Di dalam bus yang sudah dimodifikasi itu, pengunjung bisa membaca informasi program dan kegiatan KPK. Antara lain informasi e-LHKPN, pelaporan gratifikasi online, festival film antikorupsi, dan jendela pencegahan korupsi. 

BERITA TERKAIT:
Apresiasi Rodshow Bus KPK di Taman Indonesia Kaya, Nana Sudjana Harapkan Digelar Setahun Sekali
Lewat Kuliah Umum, KPK Bekali 200 Mahasiswa Brebes dengan Ilmu Antikorupsi
Kejaksaan RI Tegaskan Berantas Judi Online Tanpa Toleransi
Bapas Semarang Sosialisasi Pencegahan Tindak Pidana Anak di SMA Sedes Sapientiae 
Bupati Sragen Dukung KPK Cegah Korupsi di Bumi Sukowati

Selain itu, pengunjung juga bisa menyaksikan film-film menarik bertema antikorupsi. Film yang disajikan merupakan nominasi dari festival film antikorupsi. Terdapat pula berbagai leaflet dan buku berisikan informasi-informasi penting seputar antikorupsi.

Cara KPK dalam mengedukasi masyarakat maupun mencegah terjadinya korupsi, membuat Nana Sudjana mengaku salut. Menurutnya KPK berupaya melakukan edukasi yang bisa diterima semua kalangan umur. 

“Jadi roadshow ini memang lebih menekankan  pencegahan daripada penindakan. Sehingga masyarakat menjadi tahu  mengenai bahaya korupsi,” ucap Nana usai meninjau Fasilitas Bus KPK, di Taman Indonesia Kaya pada Kamis, 11 Juli 2024. 

roadshow Bus KPK, diharapkan Nana setidaknya bisa menyapa masyarakat di daerah satu tahun sekali. Pun demikian, pemerintah daerah juga diminta ikut membantu menyosialisasikan pentingnya pencegahan korupsi. 

Sementara itu, Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata mengatakan, ada dua tujuan utama diselenggarakannya roadshow Bus KPK. Pertama, mengedukasi masyarakat untuk tidak melakukan tindakan korupsi. Kedua, menyongsong diselenggarakannya pemilihan kepala daerah pada November 2024 nanti, masyarakat diajak untuk memilih pemimpin yang berintegritas.

“Pilih pimpinan yang baik, pimpinan yang berkompeten dan yang berintegritas,” kata dia.

Sebab, lanjut dia, bila salah memilih pemimpin, dampaknya akan berpengaruh selama lima tahun kedepan. “Dalam rangka itulah Bus KPK itu kita jalankan,” ucapnya. 

***

tags: #pencegahan #komisi pemberantasan korupsi #nana sudjana #roadshow

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI