Kapolres Demak saat berkunjung ke rumah Kiki. Foto: Istimewa.

Kapolres Demak saat berkunjung ke rumah Kiki. Foto: Istimewa.

Kisah Haru Kiki, Bocah Pengidap Tumor Tulang yang Harus Rela Kakinya Diamputasi

Kapolres berpesan agar Kiki terus semangat belajar dan berdoa agar cita cita yang diinginkan tercapai.

Senin, 11 Oktober 2021 | 12:29 WIB - Insani
Penulis: Fauzi . Editor: Ririn

Nasib pahit harus dialami bocah bernama Kiki Triyatno (11) asal Desa Kalikondang, Demak, Jawa Tengah. Pasalnya, bocah malang itu harus rela kehilangan kaki kirinya lantaran diamputasi. Langkah tersebut harus dilakukan agar Tumor Tulang yang diderita tak menjalar ke bagian tubuh lain. Bocah yang masih duduk di bangku kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah itu menjalani operasi amputasi di RSUP Dokter Kariadi Semarang, Selasa (5/10/2021) lalu.

Sebelumnya, Kiki tumbuh normal seperti halnya bocah lainnya. Namun, semenjak bocah berusia 11 tahun itu jatuh saat di sekolah, ia mengeluh sakit. Kemudian, Kiki hanya diobati dengan pengobatan tradisional yakni dibawa ke tukang pijat.

Bukannya sembuh, kaki Kiki justru semakin membesar. Hal tersebut membuat bocah itu harus merasakan perih pada kakinya lebih lama lagi. Kiki akhirya dievakuasi tim medis dari RSUD Sunan Kalijaga untuk mendapatkan pemeriksaan pada 23 September 2021 lalu.

BERITA TERKAIT:
Kisah Haru Kiki, Bocah Pengidap Tumor Tulang yang Harus Rela Kakinya Diamputasi

Berdasarkan hasil pemeriksaan tim medis, Kiki didiagnosa mengidap penyakit Tumor Tulang. Hal tersebut tentu membuat Kiki dan keluarga dirundung kesedihan. Demi menyelamatkan nyawa anak pasangan Ashari dan Karyati itu, tim medis terpaksa mengambil langkah untuk mengamputasi kaki kiri Kiki.

Meski telah kehilangan kaki kirinya, Kiki mengaku masih ingin tetap sekolah. Namun, untuk sementara, ia harus belajar di rumah lebih dulu hingga kondisinya benar-benar pulih.  "Kemarin ibu guru sudah ke sini. Iya masih ingin ke sekolah." ucapnya.

 

Mengetahui hal itu, Kapolres Demak, Akbp Budi Adhy Buono, didampingi Kasatlantas Polres Demak, Akp Fandy Setiawan, berkunjung ke rumah Kiki pada Minggu (10/10/2021) siang. Kunjungan itu untuk memastikan kondisi Kiki, baik Kesehatan maupun psikologisnya.

Kapolres terus memberikan motivasi agar bocah itu tetap semangat untuk sehat agar dapat kembali ke sekolah. “Kami datang ke rumah Dek Kiki, untuk memberi semangat agar Dek Kiki dapat kembali berbaur dengan teman temannya dan tidak minder dengan kekurangan yang ia miliki sekarang." tuturnya.

Selain itu, Kapolres berpesan agar Kiki terus semangat belajar dan berdoa agar cita cita yang diinginkan tercapai. “Pokoknya harus tetap semangat, makan yang banyak, belajar, sholat, dan ngaji jangan lupa. Nanti apa yang kamu inginkan, Pak Kapolres kasih." pesan Kapolres ke Kiki.

Untuk memulihkan psikologi Kiki, Kapolres akan berkoordinasi dengan pemda untuk membantu memberikan Pendidikan sementara di rumah. “Kami akan berkoordinasi dengan pemda untuk pendampingan psikologi Kiki yang mungkin saat ini masih sangat terpukul setelah kehilangan kakinya. Saat ini, kami juga akan mengupayakan memberi alat bantu jalan." tukasnya.


tags: # kiki triyatno #tumor tulang #diamputasi #kaki kiri

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI