Dulu Model Wara-wiri Keluar Negeri, Kini Jatuh Miskin dan Tinggal di Rumah Kumuh

Namanya langsung viral di media belakangan ini lantaran tinggal di rumah tua yang bobrok tanpa aliran listrik dan air.

Minggu, 30 Juli 2023 | 08:39 WIB - Nestapa
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

Seorang wanita lima puluh tahun bernama Diah Risti Kusuma Putri menceritakan dirinya dulu adalah seorang model pakaian dalam. Masa mudanya mewah, menyenangkan, sering keluar negeri, namun kini ia hanya tinggal di rumah kumuh. Bahkan tanpa listrik dan air. 

Namanya langsung viral di media belakangan ini lantaran tinggal di rumah tua yang bobrok tanpa aliran listrik dan air. Perempuan yang akrab disapa Putri itu mengaku pernah menempuh pendidikan tingkat S1 dan S2 di salah satu universitas swasta di Jakarta, bekerja sebagai model majalah dewasa, dan tinggal di Amerika Serikat serta Jepang.

BERITA TERKAIT:
Dior Disebut Pecat Bella Hadid sebagai Brand Ambassador Demi Model Israel, Ini Fakta Sebenarnya
Diduga Ganti Bella Hadid dengan Model Israel, Warganet Serukan Boikot Dior
Dukung Palestina, Bella Hadid Kirim Surat Terbuka ke Presiden Biden 
Selain Tinggalkan Profesi Model, Selebgram Ini juga Support Pekerjaan Suami sebagai Supir Truk: Ikut Antar Muatan 
Model Cantik Asal Rembang Resign Demi Jaga Perasaan Suaminya yang Berprofesi Supir Truk, Akui Gampang Cemburu

"Saya pertama (jadi) model majalah. Pertama itu model majalah baju renang, dulu ada namanya majalah swimming, terus di Indonesia ada namanya majalah popular, ada juga popularity, ada lagi majalah fesyen," ungkap Putri.

Profesi model ini dilakoninya saat masih kuliah. Di malam harinya usai kuliah, Putri bekerja di sebuah restoran sebagai waitress.

Saat pindah ke Negeri Paman Sam, dia berniat melanjutkan kuliahnya. Setelah dirinya sempat bermukim di Hokaido, Jepang, dia pun kembali ke Tanah Air pada 2016 dan menempati rumah tua yang terletak di Jakarta Utara.

 

Pada awalnya kondisi rumah itu masih layak huni, namun perlahan mulai rusak dan memprihatinkan. Bagian belakang rumah Putri tidak lagi memiliki atap. Bagian belakang itu hanya berisikan puing-puing tembok dan pecahan genteng.

Masuk lebih dalam terlihat sebuah ruang kecil berisi satu dipan kayu yang dialasi tikar, satu kursi kayu panjang dengan alas duduk yang sudah rusak dan satu lemari kayu.

Konon kabarnya, rumah tersebut adalah milik keluarga angkatnya yang sudah ditempati Putri saat Putri masih kecil. Putri sendiri tidak pernah bercerita secara rinci seputar keluarga kandungnya, dia hanya mengatakan kalau dirinya lahir di Eropa dan akhirnya dikirim ke Indonesia untuk tinggal bersama orangtua angkatnya tahun 1979.

Kini, kehidupannya berbanding terbalik dengan masa lalunya. Putri hanya menempati satu ruangan yang berada paling depan dari pintu masuk rumah. Ada tumpukkan barang-barang berserakan di dalam satu ruangan seperti kompor sumbu, kursi, meja, baju-baju.

Ruangan yang ditempati Putri sendiri sering mengalami kebocoran jika hujan sehingga Putri harus mengungsi. Bagian belakang rumah Putri sudah tidak lagi memiliki atap. Bagian belakang itu hanya berisikan puing-puing pecahan genteng.

Sehari-hari, Putri mendapat bantuan berupa makanan dari masyarakat maupun para kreator yang mengunjunginya. Sedangkan untuk kebutuhan sandang, dia masih punya sisa baju miliknya sebelum hidup memprihatinkan seperti sekarang.

***

tags: #model #miskin #viral

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI