Love your kidney via http://www.sehatalami.co

Love your kidney via http://www.sehatalami.co

Jaga Kesehatan Ginjal, 12 Tip Ini Wajib Kamu Lakukan

Salah satu upaya menjaga kesehatan ginjal adalah dengan membatasi penggunaan garam menjadi 2,3 gram per hari.

Selasa, 23 Juni 2020 | 08:11 WIB - Trik
Penulis: Fauzi . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM - ginjal merupakan salah satu organ yang penting untuk tetap menjaga keseimbangan kesehatan tubuh. ginjal memiliki fungsi pada tubuh seperti menyaring sisa metabolisme dan racun dari darah, mengatur jumlah cairan dalam tubuh, melepaskan hormon yang mengatur tekanan darah, mengaktifkan vitamin D agar dapat menjaga kesehatan tulang, melepaskan hormon yang membantu pembentukan sel darah merah, menjaga agar mineral dalam darah tetap seimbang dan masih banyak yang lainnya.

Terjadinya gangguan pada ginjal atau penyakit ginjal kronis dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti serangan stroke, gagal ginjal, penyakit jantung, serangan jantung, tekanan darah tinggi, kelemahan tulang, kerusakan sistem saraf, anemia atau kekurangan darah merah.

BERITA TERKAIT:
IDAI Adakan Simposium Nasional 2024 di Lampung: Sosialisasi Perubahan Pola Penyakit pada Dokter 
Bank Jateng, PT Sandana dan PERSI Jawa Tengah Sinergi Kembangkan Bisnis Jasa Kesehatan 
Sulitkah Memelihara Ayam Hias? Begini Praktisi Memiliki Solusi
Ganjar Singgung Adab sampai Peribahasa Jawa 'Aja Adigang-Adigung-Adiguna'
Ganjar Siap Dampingi Sektor Kesehatan Masyarakat

Terdapat beberapa kondisi kesehatan atau kebiasaan tertentu dapat meningkatkan resiko seseorang mengalami penyakit ginjal, diantaranya memliki infeksi kronis saluran kencing, memiliki batu ginjal, mengalami obesitas, diabetes melitus, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, pemiliki riwayat keturunan penyakit ginjal atau diabetes atau tekanan darah tinggi, memiliki usia lebih dari 60 tahun, mengonsumsi dalam jangka waktu yang panjang obat anti nyeri golongan NSAID seperti ibuprofen.
    
Untuk menghindari terjadinya gangguan pada ginjal, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan ginjal. Berikut adalah gaya hidup yang dapat dilakukan untuk dapat menjaga kesehatan ginjal :

1. Menjaga cairan pada tubuh

Mengkonsumsi banyak cairan dapat membantu ginjal agar dapat berfungsi dengan baik. Jika Anda mendapati warna urin berubah menjadi lebih gelap, maka hal ini dapat menjadi tanda terjadinya dehidrasi. Ketika Anda tinggal di tempat yang memiliki musim panas atau ketika bepergian di negara-negara yang sedang dalam musim panas atau ketika berolahraga dengan keras, maka Anda membutuhkan minum lebih banyak air dari biasanya untuk menggantikan cairan yang hilang lewat keringat.

2. Batasi konsumsi garam

Membatasi penggunaan garam menjadi 2,3 gram per hari. Periksa label komposisi makanan untuk melihat kadar garam pada makanan.

3. Mengkonsumsi makanan sehat

Diet yang seimbang akan membantu Anda untuk mendapatkan semua mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Mengkonsumsi buah, sayuran, biji-bijian seperti gandum, dan menghindari makanan yang mengandung terlalu banyak garam dan lemak.

5. Menjaga berat badan tubuh

Berat badan yang melebihi normal dapat meningkatkan tekanan darah tinggi. Hal ini akan menyebabkan gangguan pada organ ginjal.

6. Mengontrol tekanan darah

Memeriksa tekanan darah secara rutin setiap hari. Peningkatan tekanan darah tidak menyebabkan timbulnya gejala yang spesifik, tetapi dapat meningkatkan resiko masalah pada ginjal dan jantung. Berkonsultasilah dengan Dokter jika pemeriksaan tekanan darah menunjukkan peningkatan diatas normal.

 

7. Berhenti merokok dan berhenti mengkonsumsi alkohol secara berlebihan

Merokok dan mengkonsumsi alkohol dapat meningkatkan tekanan darah. Pada umumnya tekanan darah yang tinggi dapat menyebabkan terjadinya penyakit ginjal.

8. Berolahraga

Melakukan olahraga minimal 30 menit setiap hari dapat memberikan dampak baik seperti meningkatkan kekuatan, stamina, dan energi. Mulailah olahraga dengan perlahan dan secara bertahap agar tubuh tidak mengalami kelelahan.

9. Menghindari stres berlebihan

kesehatan tubuh yang baik meliputi kesehatan fisik, mental, sosial, dan spiritual. Untuk dapat bisa menikmati hidup cobalah untuk dapat membatasi stres dengan melakukan hal-hal yang Anda sukai, meluangkan waktu untuk keluarga dan teman, menjalankan hidup secara seimbang antara bekerja dan beristirahat.

10. Mencegah terjadinya infeksi pada saluran kencing

Menjaga kebersihan saluran kencing dan tidak menahan kencing dapat dilakukan untuk membantu mencegah terjadinya infeksi saluran kencing.

11. Mengosongkan kandung kemih setelah berhubungan seks

Kencing sesegera mungkin setelah berhubungan seksual dapat membantu mengeluarkan bakteri dari saluran kencing sehingga dapat membantu mengurangi resiko terjadinya infeksi.

12. Melakukan pemeriksaan ginjal secara rutin

Melakukan pemeriksaan fungsi ginjal secara rutin bertujuan untuk dapat mendeteksi menurunnya fungsi ginjal lebih cepat, sehingga terapi pengobatan secara medis atau dengan perubahan gaya hidup dapat segera dilakukan.

Sumber :

http://kidney.org.au/your-kidneys/prevent/keeping-your-kidneys-healthy
https://www.kidney.org/atoz/content/sixstepshealthprimer
https://www.webmd.com/a-to-z-guides/keep-kidneys-healthy

***

tags: #kesehatan #ginjal #tubuh #organ

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI