Ilustrasi berdoa memohon ampunan kepada Allah SWT. Foto: Istimewa.

Ilustrasi berdoa memohon ampunan kepada Allah SWT. Foto: Istimewa.

Amalkan Doa Rasulullah Ini, Semoga Allah Mengampuni Dosa-dosa Kita

Semoga Allah SWT mengampuni dan memaafkan kesalahan-kesalah kita yang ada, aamiin.

Kamis, 07 Januari 2021 | 17:50 WIB - Doa
Penulis: Fauzi . Editor: Ririn

Sebagai manusia, kita tak akan luput dari perbuatan dosa. Namun, sebaik-baik orang yang berbuat dosa ialah mereka yang mau bertaubat dan memohon ampunan kepada Allah SWT. Rasulullah SAW sendiri yang sudah pasti terjaga dari perbuatan dosa (ma'sum) tetap memohon ampunan kepada Allah SWT.

Apalagi kita yang hanya manusia biasa, sudah seharusnya terus memohon ampunan kepada Allah SWT atas segala dosa yang pernah kita perbuat selama hidup di dunia.  Adapun, doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada umatnya terkait memohon ampunan adalah sebagai berikut:

BERITA TERKAIT:
Berhati-hatilah! Sebab-sebab Tidak Terkabulnya Doa, Salah Satunya Sering Kita Lakukan 
Sejumlah Narapidana Siap Ikuti Lomba Keagamaan di Bulan Ramadan
Inilah Tanda Jika Allah tengah Kangen Kamu (3 - Habis)
Inilah Tanda Jika Allah tengah Kangen Kamu (2)
Inilah Tanda Jika Allah tengah Kangen Kamu (1)

Allahummagh-firlii khothii-atii, wa jahlii, wa isrofii fii amrii, wa maa anta a’lamu bihi minni. Allahummagh-firlii jiddi wa hazlii, wa khotho-i wa ‘amdii, wa kullu dzalika ‘indii”.

Artinya, "Ya Allah, ampunilah kesalahanku, kejahilanku, sikapku yang melampaui batas dalam urusanku dan segala hal yang Engkau lebih mengetahui hal itu dari diriku. Ya Allah, ampunilah aku, kesalahan yang kuperbuat tatkala serius maupun saat bercanda dan ampunilah pula kesalahanku saat aku tidak sengaja maupn sengaja, ampunilah segala kesalahan yang kulakukan".

 

Sahabat kuasakatacom yang dirahmati Allah SWT, doa di atas merupakan doa yang mencakup segala macam istighfar atau memohon ampunan pada Allah. Pasalnya, doa ini sifatnya umum yakni mencakup semuanya dan disertai dengan perincian dengan kalimat yang tegas.

Ketika kita memabaca doa ini, berarti kita telah memohon ampunan atas dosa besar maupun dosa kecil yang pernah kita perbuat. Selain itu, kita juga telah memohon ampunan atas kesalahan yang disebabkan ketidaktahuan, sikap berlebihan, kesalahan dalam keadaan serius atau bercanda, serta dosa yang kita perbuat baik disengaja atau tidak disengaja.

Sementara itu, dalam akhir doa tersebut terdapat kalimat "wa kullu dzalika ‘indii”, yang artinya kita melakukan pengakuan kepada Allah bahwa kita adalah hamba yang penuh dosa. Kita mengakui semua dosa itu sehingga timbullah rasa hina di hadapan Allah SWT, maka kita pun mohon ampun pada-Nya.

Sahabat kuasakatacom yang insyaallah diampuni oleh Allah SWT, hal tersebut menunjukkan kepada kita bahwa pengakuan seorang hamba terhadap dirinya bahwa ia penuh kekurangan, ini adalah salah satu sebab diterima taubat dan diampuninya dosa.

Setelah mengetahui manfaatnya, semoga sahabat kuasakatacom bisa rutin mengamalkan doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW tersebut. Semoga Allah SWT mengampuni dan memaafkan kesalahan-kesalah kita yang ada, aamiin.

***

tags: #allah swt #doa rasulullah #allah mengampuni dosa #dosa #bertaubat

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI