Ilustrasi mengunyah permen karet, Foto: Istimewa

Ilustrasi mengunyah permen karet, Foto: Istimewa

Keuntungan Mengunyah Permen Karet: Bakar Kalori Sampai Kuatkan Memori!

Permen karet dapat menghilangkan perut mual dan rasa ingin muntah seringkali muncul di pagi hari, sehabis makan makanan tertentu, atau saat mabuk perjalanan.

Rabu, 24 Februari 2021 | 11:02 WIB - Trik
Penulis: - . Editor: Ririn

Mungkin permen karet jadi salah satu jenis permen yang disukai anak-anak. Tapi identitasnya sebagai golongan permen tetap saja jadi alasan dulu sang ibu melarang keras anaknya buat ngunyah permen empuk yang satu ini.

Kandungan gula, pewarna dan bahan kimia lainnya dituding jadi sumber batuk atau radang tenggorokan. Selain itu teksturnya yang lengket juga membikin was-was, jika sewaktu-waktu tertelan si buah hati. Siapa sangka makanan yang jadi sasaran omelan orang tua saat masa kecil ini punya banyak manfaat?

Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

BERITA TERKAIT:
Face Shield Plastik Tak Efektif Cegah Penyebaran Covid-19, Ini Faktanya
Melepaskan Diri dari Lingkungan Toxic, Selangkah Merawat Kesehatan Mental
Memulai Bisnis di Pusaran Pandemi, Perhatikan Tips Berikut
Beginilah Cara Kerja Sistem COD (Cash On Delivery), Perhatikan Sebelum Belanja Online
Investasi Menjanjikan, Inilah Beberapa Cara Mendapatkan Bitcoin
Keuntungan Mengunyah Permen Karet: Bakar Kalori Sampai Kuatkan Memori!
Meredam Rasa Panik Saat Berangkat Vaksinasi

Alih-alih merusak gigi ternyata ngunyah permen karet bisa membersihkan gigi dan mulut, lho. Apalagi jenis permen karet yang memang diperuntukkan bagi kesehatan yang tak mengandung gula.

Mengunyah permen karet selama 20 menit saja setelah makan atau ngemil dapat membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan yang tersangkut dan meningkatkan produksi air liur. Nah, air liur ini juga berfungsi sebagai penguat enamel gigi, karena mengandung fosfat dan kalsium.

Banyak produk permen karet khusus kesehatan produksi pabrik-pabrik dental care, yang dapat dibeli di minimarket atau apotek. Asosiasi Gigi Amerika Serikat juga sudah merekomendasikan penggunaan permen karet untuk mengurangi plak gigi, lho.

Menghilangkan Rasa Ngantuk

Jika Anda merasa mata sudah mulai lengket di kantor, mengunyah permen karet jadi pilihan tepat dan praktis buat mengurangi kantuk. Asal saja permen karetnya memiliki rasa menthol atau mint yang bisa menyegarkan mulut sekaligus suasana hati Anda.

Nggak cuma itu, kegiatan gigi saat mengunyah permen juga bisa menambah nilai plus buat otak untuk berkonsentrasi. Nggak akan lagi ada salah-salah ngomong ke klien!

Meredakan Perut Mual

 

Perut mual dan rasa ingin muntah seringkali muncul di pagi hari, sehabis makan makanan tertentu, atau saat mabuk perjalanan. Nah, mungkin mengunyah permen karet bisa jadi solusi cepat.

permen karet dengan rasa mint atau jahe dapat mengurangi rasa mual atau sensasi akan muntah saat dikunyah. Tak lain dan tak bukan karena aroma dan rasa mint dan jahe yang bersifat menenangkan perut. Selain itu gigi yang sibuk ngunyah permen karet akan mengalihkan perhatian otak agar tak memperhatikan lagi rasa mual yang datang.

Saat perut terasa begah seusai makan, cobalah mengunyah permen karet daripada dessert yang manis-manis. Makanan manis bakal menambah kalori yang masuk ke tubuh. Yang sebenarnya, tubuh itu nggak butuh-butuh amat kok. Akibatnya kalori itu ditimbun jadi lemak.

Nah, permen karet hanya mengandung 2 hingga 5 kalori saja! Sementara kalori yang terbakar saat mengunyah permen karet sekitar lima belas menit adalah 11 kalori. Nggak cuma menjauhkan badan dari lemak-lemak jahat, ngunyah permen karet juga termasuk olahraga, hehe.

Mempertajam Ingatan

Penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan Jepang menemukan bahwa mengunyah permen karet dapat meningkatkan performa otak dalam melakukan tugas-tugasnya, termasuk kewaspadaan, daya ingat, dan pengambilan keputusan.

Salah satu percobaan yang dilakukan juga membuktikan orang yang mengunyah permen karet saat tes mengalami peningkatan performa sebesar 24% untuk ingatan jangka pendek dan 36% untuk ingatan jangka panjang. Sebab yang teridentifikasi adalah mengalirnya lebih banyak darah ke otak saat mengunyah permen karet. Selain itu ada peran hormon kortisol yang juga mengurangi rasa panik dan stres.

Namun hati-hati, mengunyah terlalu banyak permen karet juga bisa jadi sebab menurunnya daya ingat jangka pendek. Otak kita akan sulit membedakan kondisi sekitar apalagi saat terlalu sering mengunyah permen karet.

*Tulisan di atas dibuat oleh Forsaria Prastika, reporter magang KUASAKATACOM.


tags: #trik #permen karet

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI