Ilustrasi. Foto: Istimewa.

Ilustrasi. Foto: Istimewa.

Ini Keutamaan dan Pahala Kurban di Hari Raya Iduladha

Hikmah kurban mengajarkan kepada kita bahwa sebagai manusia sebaiknya tidak menyombongkan diri.

Selasa, 20 Juli 2021 | 11:48 WIB - Trik
Penulis: Fauzi . Editor: Ririn

ibadah kurban memiliki sejumlah makna yang terkandung di dalamnya. Ada hikmah yang tersirat dan tersurat di sana, karena berqurban didasari atas kisah seorang ayah dan anak nan sholeh, nabiyullah Ibrahim bersama putranya Ismail alaihi sallam.

Hakikatnya untuk berkurban adalah wajib bagi yang mampu. Hal ini berdasarkan hadist Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassallam.

“Dari Abi Hurairah ra, Rasulullah saw bersabda: Siapa yang memperoleh kelapangan untuk berkurban, dan dia tidak mau berkurban, maka janganlah hadir di lapangan kami (untuk shalat Ied).” (HR Ahmad)

BERITA TERKAIT:
Ini Keutamaan dan Pahala Kurban di Hari Raya Iduladha
Kurangi Mobilitas Masyarakat, Menag Minta Ibadah di Rumah Masing masing
PPKM Darurat, Ganjar: Engga Usah Debat, Ibadah di Rumah Saja!
Pemkab Boyolali Imbau Warganya Ibadah di Rumah, Salat Jumat Ditiadakan
Masuki Ramadhan, Bupati Temanggung Keluarkan SE Panduan Ibadah
KJRI Jeddah Pastikan Belum Ada Info Resmi dari Saudi
Era “New Normal”, Gereja di Yogyakarta Kurangi Nyanyian Saat Ibadah

Berikut KUASAKATACOM rangkumkan lima keutamaan melakukan ibadah kurban dari berbagai sumber:

1. Berkurban dapat mensucikan diri dan harta benda

ibadah kurban merupakan salah satu ibadah yang dimuliakan dan disukai oleh Allah Ta’ala. Hal tersebut disari dari HR Tirmidzi.

Berkurban tak hanya dijadikan momen untuk berbagi. Namun bagi mereka yang mampu, ibada kurban juga sebagai sarana untuk mensucikan diri dan harta benda yang dimiliki.

2. Berkurban dapat menghapus dosa

Setiap tetesan darah hewan yang dikurbankan merupakan penebus dan pengampun dosa-dosa orang yang berkurban pada masa lalu. Hal tersebut tertuang dalam salah satu hadits yang artinya”

 

"Hai Fatimah, berdirilah di sisi kurbanmu dan saksikanlah ia, sesungguhnya titisan darahnya yang pertama itu pengampunan bagimu atas dosa-dosamu yang telah lalu." (HR. Al Bazaar dan Ibnu Hibban).

3. Berkurban sebagai bentuk syukur

Berkurban dilaksanakan sebagai bentuk syukur atas rezeki yang melimpah yang diberikan Allah Ta’ala kepada kita. Sehingga, dengan kurban dapat membantu banyak orang. Selain itu, berkurban juga merupakan bentuk rezeki yang dititipkan Allah Ta’ala untuk disalurkan kepada orang yang lebih membutuhkan.

4. Berkurban untuk mendekatkan diri kepada Allah Ta'ala

Kurban berarti menyembelih hewan untuk melaksanakan perintah Allah Ta’ala sekaligus mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

5. Berkurban dapat menyadarkan diri bahwa segala sesuatu akan kembali kepada Allah Ta'ala

Hikmah kurban mengajarkan kepada kita bahwa sebagai manusia sebaiknya tidak menyombongkan diri ataupun terlalu mencintai sesuatu melebihi cintanya dengan Allah Ta’ala. Sebagaimana Nabi Ibrahim yang rela mengorbankan anak semata wayangnya, Ismail, untuk disembelih karena perintah Allah, menyadarkan kita bahwa segala sesuatu yang diberikan Allah mulai dari harta, kecantikan, ketampanan, hingga keluarga adalah titipan dan akan kembali kepada Allah Ta’ala.

Sahabat KUASAKATACOM yang dirahmati oleh Allah Ta’ala, tulisan di atas merupakan ulasan lima keutamaan ibadah kurban. Semoga kita segera dimampukan oleh Allah Ta’ala untuk bisa menjalankan ibadah kurban, aamiin.

Waallahu a’lambishawab.


tags: #ibadah #iduladha #keutamaan #pahala kurban

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI