Sop Buntut, Foto: Istimewa

Sop Buntut, Foto: Istimewa

Dijamin Antimainstream! Ini 10 Olahan Daging Kurban Iduladha 

Kalau di Aceh ada olahan kari kambing, maka Banten punya makanan khas Rabeg.

Selasa, 20 Juli 2021 | 14:49 WIB - Trik
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

Iduladha identik dengan masak dan makan-makan, khususnya olahan daging kurban seperti kambing dan sapi. Alih-alih masak gulai, rendang, atau sate, berikut ini adalah 10 olahan daging kurban antimainstream yang KUASAKATACOM rangkum dari berbagai sumber.

1. Kari kambing

BERITA TERKAIT:
Iduladha, OJK Donasikan Ratusan Hewan Qurban
MAJT Potong 10 Sapi, 13 Kambing Disalurkan untuk Masyarakat
Lazismu Serahkan 290 Sapi BPKH ke 30 Provinsi
Rutan Solo Potong 16 Hewan Kurban, Daging Didistribusikan ke Warga Binaan
IdulAdha, USM Donasikan Satu Ekor Sapi untuk Ponpes di Kudus
Bupati Purbalingga Pantau Penyembelihan Hewan Kurban, Ini Hasilnya
Terperosok ke Parit, Sapi Kurban Dievakuasi Pakai Crane

Olahan daging kambing antimainstream berikutnya adalah kari kambing. Masakan ini sangat kaya dengan bumbu rempah. Kari kambing biasanya dibuat oleh masyarakat yang merayakan Iduladha di Aceh.

2. Rabeg

Kalau di Aceh ada olahan kari kambing, maka Banten punya makanan khas Rabeg. Rabeg biasanya dibuat tidak dari daging kambing, tapi jeroannya. Perlu dicatat, mengolah jeroan kambing tidaklah mudah, karena kalau sampai salah, bisa-bisa Rabeg justru bau kambing.

3. Kambing Bakar Balanga

Gorontalo juga tak mau kalah. Kuliner antimainstream di sana saat Iduladha adalah Balanga. Dinamakan kambing bakar balanga karena dalam proses memasaknya menggunakan belanga atau kuali besar dari tanah.

4. Empal Gentong

Kuliner yang dimasak di dalam kuali atau belanga tidak hanya kambing bakar balanga khas Gorontalo, tapi juga empal gentong khas Cirebon.

Teksturnya yang mirip gulai, menjadikan empal gentong bisa kamu tambahkan dalam daftar kuliner Idul Adha anti mainstream.

5. Sate Maranggi

Meskipun sama-sama sate, tapi sate maranggi ini bisa menjadi kuliner antimainstream saat Iduladha lho! Sate maranggi merupakan kuliner khas Purwakarta dengan bumbu yang sanggup menggoyang lidah.

 

6. Bakso

Kamu dapat daging sapi saat Iduladha? Digiling saja, lalu dibuat bakso. Sajikan bakso daging sapi lengkap dengan bihun saat masih hangat.

7. Kambing Oven

Kuliner anti mainstream saat Iduladha berikutnya adalah kambing oven. Olahan daging kambing ini merupakan kuliner khas Timur Tengah. Kambing oven umumnya memanfaatkan bagian paha kambing yang empuk.

8. Sop Buntut

Kalau kamu dapat jatah daging buntut sapi, coba memasak sop buntut! Sajikan sop buntut lengkap dengan potongan wortel, kentang, tomat, dan siram dengan kuah kaldu yang gurih.

9. Tengkleng

Jangan sedih ya kamu, kalau dapat tulang dan jeroan saat Iduladha. Coba saja bikin tengkleng. Kuliner antimainstream ini dapat menjadi sajian alternatif yang lezat di antara olahan daging yang begitu-begitu saja.

10. Burger

Selain dijadikan bakso, daging giling juga bisa diolah sebagai pelengkap burger. Burger juga cocok kok disajikan saat kumpul bareng keluarga saat Iduladha, coba deh!

Nah, itu dia 10 olahan daging kurban antimainstream saat Iduladha! Sudah pernah coba?


tags: #iduladha #sapi paling diburu # olahan daging kurban #antimainstream

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI