Ilustrasi anak. Foto: Istimewa.

Ilustrasi anak. Foto: Istimewa.

Sembilan Hal yang Tak Boleh Dilakukan Orangtua ke Anak

Syekh Ali meminta kepada para orangtua agar tidak membongkar aib anaknya ke orang lain.

Selasa, 14 September 2021 | 15:28 WIB - Trik
Penulis: Fauzi . Editor: Ririn

Menjadi orangtua terkadang kita merasa berhak melakukan dan mengatur apapun yang kita mau pada anak-anak. Mungkin awalnya berupa niat baik, tidak ingin anak-anak kesulitan atau mengalami hal buruk di kemudian hari.

Namun ternyata, orangtua sesunguhnya tidak bebas berbuat apa saja kepada anak-anaknya. Ada hal-hal yang tidak boleh dilakukan kepada buah hati meski saat marah sekali pun. Sebagaimana disampaikan Syekh Ali Jaber dalam akun Youtube Syekh Ali Jaber, ada sembilan hal yang orangtua tak boleh lakukan terhadap buah hatinya, di antaranya adalah:

1. Caci maki dengan kata-kata kasar

BERITA TERKAIT:
Sembilan Hal yang Tak Boleh Dilakukan Orangtua ke Anak
Kamu Harus Tahu! Ini 10 Keutamaan Puasa Senin Kamis

Jangan jadikan anak sebagai pelampiasan emosi kita. Ungkapan kasar dapat menyakiti perasaan anak, apalagi jika itu disampaikan di hadapan orang lain.

"Hindari mencaci maki anak di di depan orang-orang atau teman-temannya. Ini bisa menimbulkan rasa benci anak terhadap orang tuanya." tutur Syekh Ali Jaber semasa hidup.

2. Membandingkan dengan anak lain

Membandingan anak dengan orang lain akan berdampak bagi buah hati. Pasalnya, hal itu akan membuat anak berkecil hati. Selain itu, hal tersebut juga akan menimbulkan kebencian.

"Kita saja yang sudah dewasa, kalau ada orang lain yang membanding-bandingkan kita sama orang lain, kita tahu. Apalagi anak kita?" ucap Syekh Ali Jaber mengingatkan kepada orang tua.

3. Menyayangi dengan syarat

Menurut Syekh Ali, dalam menyayangi anak tidak perlu pakai syarat. "Ini anak kita, kalau mau cinta kasih yang wajar, yang normal, yang wajib kita berikan sebagai orangtua. Kalau tidak kita yang menunjukkan cinta pada anak kita, dia akan melarikan diri kepada orang lain." terang Syekh Ali.

4. Memberikan informasi yang salah

Syekh Ali mencontohkan, "Laki-laki nggak boleh nangis. Siapa yang bilang? Biarkan dia menangis, kalau sedang menangis biarkan dulu."

Akibatnya, setiap anak ingin menangis, ditahan lantaran mendapat info yang salah bahwa laki-laki tidak boleh menangis. Sehingga, dia tahan menjadi beban dan menyebabkan jiwanya sakit.

 

5. Mengacam dan menakut-nakuti

Syekh Ali mencontohkan saat orangtua meminta anaknya tidur dengan menakut-nakuti dengan hantu. Hal tersebut bisa menciptakan hal yang tidak bagus bagi psikologi anak.

"Ayo tidur, kalau tidak tidur nanti ada hantu. Niat kita agar anak cepat tidur, tapi malah menciptakan hal yang tidak bagus." jelas Syekh Ali.

6. Melarang suatu hal tanpa menjelaskan sebabnya

Menurut Syekh Ali, penting bagi orangtua untuk memberikan penjelasan yang benar. Jika orangtua melarang anak melakukan sesuatu, jelaskan alasannya dengan jelas.

Syekh Ali pun mencontohkan, "Tak boleh nonton TV kalau sudah malam, karena nanti mengganggu kesehatan mata. Kalau makan habiskan, karena di dalam makanan ada berkahnya," jelas Syekh Ali.

7. Mengancurkan kepercayaan diri anak

"Kamu bodoh, selamanya tidak akan menjadi pintar. Jika anak sudah berusaha habis-habisan, hancur perasaannya jika orang tua mengatakan hal seperti itu pada anaknya. Ini sudah betul-betul menghancurkan total kepercayaan diri anak kita," ungkap Syekh Ali Jaber.

8. Mendoakan hal-hal yang buruk pada anak

Rasulullah SAW melarang orangtua mendoakan sesuatu yang buruk pada anak, karena jika nanti dikabulkan doanya maka orangtua akan menyesal. Oleh karena itu, Syekh Ali Jaber mengingatkan agar orangtua menjaga lisannya pada anak.

9. Menghina anak di hadapan orang lain

Syekh Ali meminta kepada para orangtua agar tidak membongkar aib anaknya ke orang lain. Pasalnya, hal itu akan menjadikan teman anak mendapat peluang untuk mengejek.


tags: #rasulullah saw #syekh ali jaber #orangtua #hal yang tak boleh dilakukan orangtua

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI