Ilustrasi. Foto: Istimewa.

Ilustrasi. Foto: Istimewa.

Tips Simpan Cabai Tetap Segar hingga Tiga Bulan

Cara ini dapat membuat cabai awet sampai tiga bulan.

Minggu, 19 September 2021 | 11:59 WIB - Trik
Penulis: Fauzi . Editor: Ririn

Cabai merupakan salah satu bahan makanan pokok bagi para pecinta kuliner pedas. Bahan makanan satu ini biasanya digunakan untuk sambal atau bumbu masakan yang memiliki cita rasa pedas. Oleh karena itu, tak jarang jika cabai disimpan dalam dapur untuk persediaan sehari-hari. Namun sayanganya, cabai sering kali tak tahan lama bahkan cepat membusuk jika disimpan.

Sahabat KUASAKATACOM, dalam tulisan ini akan tersaji tips atau cara bagaimana menyimpan cabai agar tetap segar dan tidak mudah busuk. Bahkan jika caranya benar, cabai bisa bertahan hingga tiga bulan.

Dilansir dari Sajian Sedap, berikut tips menyimpan cabai agar tahan lama.

BERITA TERKAIT:
Tips Simpan Cabai Tetap Segar hingga Tiga Bulan
Ingin Gabung Perusahaan e-Commerce, Perhatikan Enam Tips Ini
Tips Meningkatkan Fungsi Hati (Liver) Agar Tetap Sehat
12 Tips Ampuh Mengusir Rasa Malas
5 Langkah Manajemen Stres Saat di Rumah Saja

1. Cara petik cabai

Apabila kalian mempunyai tanaman cabai sendiri, lebih baik memetikanya dengan cara memelintir tangkai buah cabai. Usahakan kalian melakukan hal itu secara hati-hati agar ranting atau cabang tidak patah.

Cabai yang dipetik dengan tangkai akan lebih tahan lama disimpan daripada yang dipanen tanpa menyertakan tangkainya.

Kemudian, usahakan memetik cabai saat pagi hari. Memetik cabai pada momen tersebut merupakan waktu terbaik karena bobot buah masih optimal.

"Tujuannya agar buah yang dipetik tidak terkontaminasi oleh organisme pembusuk," tutur Chef de Cuisine Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Prasetyo Widodo.

2. Hindari mencuci cabai dengan air

Pilih buah cabai yang masih segar dan pisahkan dengan yang sudah layu atau busuk. Kemudian, jangan sampai mencuci cabai dengan air agar tahan lebih lama saat disimpan.

"Jangan dicuci karena kadar air akan mempercepat kelembaban yang menyebabkan mudah membusuk, masukan ke dalam plastic container dengan dilapisi kertas dan tutup rapat." kata 

 

3. Tidak menyampur cabai dengan bumbu dapur lain

Prasetyo menyarankan agar tidak menyimpan cabai berdekatan dengan sayuran segar lainnya.

"Apabila cabai itu rusak dan berdekatan dengan sayuran yang lain, maka bisa merusak atau memengaruhi aroma sayuran yang yang lain," ujar Prasetyo.

Selain itu, hindari meletakan cabai di sebelah produk lain seperti susu, telur, dan keju. Sebab produk tersebut akan menyerap aroma cabai sehingga aroma cabai akan menempel dengan kuat.

4. Cabai disimpan dalam kulkas

Jika disimpan di suhu ruangan, cabai hanya bertahan sekitar dua hari. Bahkan bisa jadi kurang dari dua hari jika kelembaban udara di ruangan tersebut tinggi.

Namun, jika dismpan di dalam kulkas, cabai bisa bertahan hingga enam hari. "Cabai kalau disimpan di kulkas bisa lima sampai enam hari.” kata Stefu Santoso, selaku Executive Chef di APREZ Catering & AMUZ Gourmet Restaurant.

5. Membungkus cabai dengan tisu kering dan taruh bawang putih

Cara menyimpan cabai di kulkas adalah dengan menggunakan wadah kedap udara. Lapisi dalam wadah dengan tisu kering, taruh satu butir bawang putih segar, kemudian taruh cabai.

Tisu disarankan untuk rajin diganti. Cara ini dapat membuat cabai awet sampai tiga bulan.

Sahabat KUASAKATACOM, itu tadi merupakan tips menyimpan cabai agar bisa bertahan dan tetap segar hingga waktu tiga bulan, Semoga bermanfaat.


tags: #tips #pedas #menyimpan cabai

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI