Surat Yasin. Foto: Dok, Kuasakatacom/Fauzi.

Surat Yasin. Foto: Dok, Kuasakatacom/Fauzi.

Keutamaan Baca Surat Yasin, Dilimpahkan Keberkahan hingga Dilancarkan Rezeki

Surat yang dijuluki sebagai jantung dari Al-Quran ituĀ mengungkapkan tentang surga dan sifatnya yang disediakan bagi orang mukmin.

Selasa, 11 Januari 2022 | 09:15 WIB - Trik
Penulis: Fauzi . Editor: Ririn

Umat Muslim sering kali membaca Surat Yasin khususnya pada malam Jumat, baik sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Selain dibaca pada hari Jum'at, Surat Yasin juga biasa dibaca saat ada orang sedang sakaratul maut, mengirimi doa untuk keluarga, kerabat atau untuk teman yang sudah meninggal. Membaca Surat Yasin bisa juga dibaca sebagai bentuk ungkapan rasa syukur.

Surat yang dijuluki sebagai jantung dari Al-Quran itu mengungkapkan tentang surga dan sifatnya yang disediakan bagi orang mukmin. Selain itu, Surat Yasin juga memiliki tiga hal pokok, yaitu keimanan kepada hari kebangkitan, kisah penduduk desa, dan dalil-dalil yang menunjukkan bahwa Allah itu Esa.

Sahabat KUASAKATACOM,berikut adalah lima manaaf membaca Surat Yasin:

BERITA TERKAIT:
Keutamaan Baca Surat Yasin, Dilimpahkan Keberkahan hingga Dilancarkan Rezeki
Keutamaan Membaca Sholawat Nariyah

1. Terhindar dari Malapetaka

Membaca Surat Yasin merupakan salah satu cara agar bisa terbebas dari petaka. Allah SWT akan lebih melindungi, termasuk diselamatkan selama hidup di dunia, tidak diberi penyakit yang membahayakan, mati syahid, dimudahkan saat akan keluar ruh, bahkan diberi keselamatan juga ketika di akhirat nanti.

“Barang siapa yang membiasakan membaca yasin setiap malam maka tanpa terduga dia menemui ajalnya, maka matinya dalam keadaan syahid.” (HR.At- thobroni, dari pernyataan Anas bin malik).

2. Diberikan Keberkahan Hidup

Membaca Surat urat Yasin dipercaya dapat mempermudah segala urusan, karena Allah selalu memberi jalan kepada hamba-hambanya yang taat. Seperti membaca ayat suci Al-Quran salah satunya Surat Yasin.

“Barang siapa yang membaca Surat Yasin sepenuhnya dan saat mencapai pada ayat 58 Surat Yasin tersebut diulang sebanyak 7 kali maka allah SWT akan mempermudah dan mengabulkan hajatnya.”

Bahkan, membaca Surat Yasin juga bisa meningkatkan keberkahan hidup. Hal tersebut disebabkan lantaran pahala membaca ayat suci Al-Quran ini. Jika hidup menjadi lebih berkah maka segala urusan di dunia maupun di akhirat pasti akan lebih lancar.

 

3. Diberikan Kebahagiaan

Selanjutnya, membaca Surat Yasin dapat mendatangkan kebahagiaan. Terutama ketika Surat Yasin ini dibaca setiap hari, selain akan membuat batin menjadi lebih tenang dan tidak gelisah, akan banyak orang juga yang menyukai atas izin Allah SWT.

"Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.” (Ar-ra’ad :28).

4. Diberikan Kelancaran Rezeki

Istiqomah membaca Surat Yasin secara rutin juga mendatangkan rezeki, termasuk diberikan dimudahkan segala keinginan dan hajat. Tentunya diimbangi dengan berusaha sekuat tenaga maka Allah SWT akan semakin mempermudah segalanya.

“Barang siapa yang membaca Surat Yasin dari pagi hari, maka pekerjaan di hari itu dimudahkan dengan keberhasilan, dan jika membacanya di akhir suatu hari maka tugasnya hingga pagi hari berikutnya akan dimudahkan juga.” (Sunaan daarimi juz 2 halaman 549).

5. Diampuni Dosa

Surat Yasin selain dapat mendatangkan keselamatan dan kebahagiaan ternyata juga bisa membuat pahala yang didapat lebih berlipat ganda. Selain itu, dosa-dosa yang dimiliki semasa hidup walaupun dosa itu sebesar gunung akan semakin mudah diampuni oleh Allah SWT.

“Siapa yang membaca (surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridhoan Allah maka diampuni dosa-dosanya.” (HR. At Thabrani dan Al-Bayhaqi, dari Abu hurairah ra).


tags: #umat muslim #keutamaan #surat yasin

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI