Ilustrasi gangguan mental

Ilustrasi gangguan mental

Manajemen Stres Demi Kesehatan Mental (4)

Gangguan kecemasan dapat diatasi tanpa bantuan dokter melalui beberapa cara.

Rabu, 19 Januari 2022 | 09:40 WIB - Trik
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

Masalah kesehatan mental bisa memicu stres. Stres adalah keadaan ketika seseorang mengalami tekanan yang sangat berat, baik secara emosi maupun mental. Seseorang yang stres biasanya akan tampak gelisah, cemas, dan mudah tersinggung. Stres juga dapat mengganggu konsentrasi, mengurangi motivasi, dan pada kasus tertentu, memicu depresi.

Stres bukan saja dapat memengaruhi psikologi penderitanya, tetapi juga dapat berdampak kepada cara bersikap dan kesehatan fisik mereka.

BERITA TERKAIT:
Depresi, Bahaya Gangguan Kesehatan Mental (5)-selesai
Manajemen Stres Demi Kesehatan Mental (4)
Manajemen Stres Demi Kesehatan Mental (3)
Tiga Penyakit jika Kesehatan Mental Terganggu (2)
Tips Menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi Menurut Dr Christin Wibhowo

Banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami stres, sebagian di antaranya adalah masalah keuangan, hubungan sosial, atau tuntutan di dalam pekerjaan. Untuk mengatasi stres, kunci utamanya adalah mengidentifikasi akar permasalahan dan mencari solusinya.

 

Meski penyebab gangguan kecemasan belum diketahui secara pasti, beberapa faktor diduga dapat memicu munculnya kondisi tersebut. Di antaranya adalah trauma akibat intimidasi, pelecehan, dan kekerasan di lingkungan luar ataupun keluarga.

Faktor risiko lainnya adalah stres berkepanjangan, gen yang diwariskan dari orang tua, dan ketidakseimbangan hormon serotonin dan noradrenalin di dalam otak yang berfungsi mengendalikan suasana hati. Gangguan kecemasan juga dapat dipicu oleh penyalahgunaan minuman keras dan obat-obatan terlarang.

Sebenarnya, gangguan kecemasan dapat diatasi tanpa bantuan dokter melalui beberapa cara, seperti mengonsumsi makanan bergizi tinggi, cukup tidur, mengurangi asupan kafein, minuman beralkohol, atau zat penenang lainnya, tidak merokok, berola raga secara rutin, dan melakukan metode relaksasi sederhana, seperti yoga atau meditasi.

Jika pengobatan mandiri tidak memberikan perubahan, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter. Penanganan dari dokter biasanya meliputi pemberian obat-obatan antiansietas serta terapi kognitif.
 


tags: #kesehatan mental

Email: redaksi@kuasakata.com

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI