Ilustrasi orang mengantuk saat siang hari (foto: Unsplash/Sammy-Williams)

Ilustrasi orang mengantuk saat siang hari (foto: Unsplash/Sammy-Williams)

7 Cara Mengatasi Ngantuk Saat Bekerja

Mengatasi penyebab kantuk di siang hari dapat membantu meningkatkan tingkat energi Anda dan meningkatkan fungsi kognitif.

Kamis, 10 Maret 2022 | 13:19 WIB - Trik
Penulis: - . Editor: Wis

JIKA Anda hanya tinggal di rumah dan bersantai, merasa sedikit mengantuk bukanlah sebuah masalah. Namun, ketika Anda sedang bekerja, rasa kantuk mungkin memberikan pengaruh yang signifikan. 

Mengantuk akan membuat Anda tidak fokus, sehingga lebih besar kemungkinan terjadinya kesalahan pada pekerjaan yang Anda lakukan. Bahkan, mengantuk akan membuat pekerjaan Anda selesai lebih lambat.

BERITA TERKAIT:
7 Cara Mengatasi Ngantuk Saat Bekerja
Mobil Oleng Tabrak Pemotor-Tiang Listrik, Satu Orang Tewas

Melansir healthline, mengatasi penyebab kantuk di siang hari dapat membantu meningkatkan tingkat energi Anda dan meningkatkan fungsi kognitif. 

Berikut ini 7 cara untuk mengatasi rasa kantuk di siang hari, terutama saat bekerja.

1. Konsumsi kafein

Jika Anda merasa lesu di tempat kerja, mengonsumsi kafein mungkin dapat menjadi penambah energi untuk menyelesaikan pekerjaan Anda. Kafein adalah stimulan, yang berarti meningkatkan aktivitas di otak dan sistem saraf. Ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan kinerja mental Anda, dan membantu Anda melawan kantuk. 

Namun, minum terlalu banyak kafein dapat merangsang Anda secara berlebihan dan membuat Anda gelisah, yang dapat memengaruhi tingkat produktivitas Anda.

2. Tidur siang sebentar

Terkadang, sedikit memejamkan mata adalah satu-satunya cara untuk mengatasi kantuk di siang hari. Jika Anda harus memejamkan mata, lakukan power nap (tidur siang) singkat saat istirahat makan siang. Tidur siang selama 15 atau 30 menit mungkin memberi Anda energi yang cukup untuk beraktivitas sepanjang hari. Jangan lupa untuk mengatur jam alarm Anda agar tidak kebablasan tidur.

3. Bangun dari meja Anda

 

Duduk di satu tempat terlalu lama dapat memperburuk kantuk di siang hari. Bangun secara berkala dari tempat kerja Anda dan berjalan-jalan akan membuat darah Anda mengalir. Hal ini juga dapat membantu Anda tetap terjaga dan berkonsentrasi pada pekerjaan Anda.

4. Mendengarkan musik up-beat

Jika Anda mengantuk di tempat kerja, bekerja dalam diam bisa menjadi hambatan. Anda mungkin merasa seolah-olah Anda akan tertidur kapan saja. Untuk membangunkan otak Anda, dengarkan musik yang ceria dan bertempo cepat.

5. Buat ruang kerja Anda tetap terang

Jika Anda beruntung bekerja di ruangan dengan jendela, buka tirai dan biarkan cahaya alami masuk. Sinar matahari di kantor Anda dapat meningkatkan kewaspadaan dan energi.

6. Percikkan air ke wajah Anda

Jika Anda kesulitan untuk tetap terjaga di tempat kerja, pergilah ke kamar mandi dan percikkan air dingin ke wajah Anda. Cara cepat dan sederhana ini dapat memberi Anda energi kembali dan mencegah Anda terus mengantuk.

7. Tetaplah sibuk

Kantuk di siang hari dapat diperparah oleh terlalu banyak waktu luang. Tergantung pada sifat pekerjaan Anda, Anda mungkin memiliki momen ketika Anda memiliki lebih sedikit tanggung jawab. Dengan tetap sibuk, Anda tidak akan mudah mengantuk.

Itu adalah cara-cara untuk mengatasi rasa kantuk yang menyerang di siang hari, terutama saat bekerja. Namun, sebaik apapun Anda mengatasinya, rasa kantuk di siang hari mugkin tidak membaik dalam semalam.*

*Penulis: wartawan magang KUASAKATACOM Siti Muyassaroh


tags: #ngantuk #tips

Email: redaksi@kuasakata.com

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI