Ilustrasi bau mulut (Foto: Istimewa)

Ilustrasi bau mulut (Foto: Istimewa)

5 Tips Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

Keringnya rongga mulut ini lah yang akhirnya menyebabkan bau mulut saat puasa.

Sabtu, 02 April 2022 | 10:27 WIB - Trik
Penulis: - . Editor: Wis

SELAIN menahan lapar dan haus, tantangan lain yang dialami saat sedang berpuasa adalah menjaga agar mulut tidak bau. Pasalnya, tidak makan dan minum pun tetap menyebabkan bau mulut.

Selama berpuasa, seseorang tidak diperkenankan makan dan minum selama lebih dari 12 jam. Hal itu membuat produksi air liur berkurang sehingga rongga mulut menjadi kering. Keringnya rongga mulut ini lah yang akhirnya menyebabkan bau mulut saat puasa.

BERITA TERKAIT:
BACA Doa Ini, Kejombloan Lewat, Jodohmu pun Mendekat!
Khusus Dewasa! Ini 4 Cara Menunda Ejakulasi Dini (2)
Khusus Dewasa! Ini 4 Cara Menunda Ejakulasi Dini (1)
10 Langkah Hilangkan Kebiasaan Mendengkur saat Tidur
Lima Tips Terhindar dari Jeratan Pinjaman Online

Selain karena mulut kering, bau mulut juga bisa disebabkan oleh beberapa hal lainnya, yaitu jarang menggosok gigi dan membersihkan lidah, konsumsi makanan berbau menyengat, keiasaan merokok, dan penyakit tertentu.

Namun, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah bau mulut saat sedang berpuasa. Berikut KUASAKATACOM telah merangkum beberapa cara untuk mencegah bau mulut saat sedang berpuasa.

1. Bersihkan gigi dan mulut secara rutin

Menyikat gigi 2 kali sehari secara teratur setelah sahur dan berbuka puasa bisa membantu mencegah bau mulut. Selain itu, Anda juga perlu membersihkan lidah dengan alat khusus pembersih lidah dan berkumur dengan obat kumur yang tidak mengandung alkohol.

2. Konsumsi air minum yang cukup setiap hari.

Minum air putih yang cukup dapat meningkatkan produksi air liur sehingga mencegah mulut kering yang dapat menyebabkan bau mulut. Anda disarankan untuk minum air putih minimal 8 gelas setiap hari, baik di bulan puasa maupun saat tidak berpuasa.

Untuk mencukupi asupan cairan di bulan puasa, Anda bisa minum 2 gelas air saat sahur, 2 gelas air saat berbuka, dan 4 gelas air pada malam hari sebelum tidur.

 

3. Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Buah dan sayur banyak mengandung antioksidan, vitamin, mineral, serta air yang dapat meningkatkan produksi air liur dan mencegah munculnya bau napas tak sedap. 

Untuk itu, pastikan ada sayuran, terutama sayuran hijau, seperti bayam, brokoli, wortel, dan seledri, dalam menu sahur dan berbuka puasa Anda. Selain sayuran, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan, seperti apel, jeruk, melon, semangka, dan nanas.

4. Hindari konsumsi makanan manis dan berbau tajam

Untuk mencegah bau mulut saat berpuasa, Anda juga perlu menghindari memakan makanan beraroma menyengat seperti petai, jengkol, atau bawang.

Hindari pula konsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak gula, baik saat sahur maupun buka puasa, karena dapat membuat bakteri penyebab bau mulut berkembang biak lebih pesat.

5. Berhenti merokok

Rokok mengandung tembakau yang menyebabkan mulut berbau tidak sedap. Selain itu, kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan berkurangnya produksi air liur serta meningkatnya risiko terjadinya radang gusi.

Itulah 5 tips untuk mencegah bau mulut saat sedang berpuasa. Walaupun tidak makan dan minum selama lebih dari 12 jam, nyatanya mulut tetap bau. Oleh karena itu, lakukan tips di atas secara rutin untuk menghindari bau mulut saat berpuasa.**

**Penulis: Wartawan magang KUASAKATACOM Siti Muyassaroh


tags: #tips #puasa #mencegah bau mulut saat berpuasa

Email: redaksi@kuasakata.com

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI