5 Cara Jitu Hadapi Pertanyaan "Kapan Nikah?" Saat Lebaran

Misalnya "Saya nikahnya sudah pasti kok. Kalau gak Sabtu ya Minggu".

Selasa, 26 April 2022 | 13:41 WIB - Trik
Penulis: - . Editor: Hani

Hari Raya Idulfitri tinggal menghitung hari dan pernak-pernik dan kue-kue khas Lebaran sudah banyak dijumpai dimana-mana. Momen hari kemenangan itu biasanya dirayakan dengan suka ria bersama sanak saudara sambil makan-makan.

Tak jarang acara kumpul bersama keluarga yang tadinya untuk silaturahmi malah berakhir membahas persoalan pribadi. "Kapan nikah?" adalah pertanyaan klise yang hampir selalu muncul.

BERITA TERKAIT:
BACA Doa Ini, Kejombloan Lewat, Jodohmu pun Mendekat!
Khusus Dewasa! Ini 4 Cara Menunda Ejakulasi Dini (2)
Khusus Dewasa! Ini 4 Cara Menunda Ejakulasi Dini (1)
10 Langkah Hilangkan Kebiasaan Mendengkur saat Tidur
Lima Tips Terhindar dari Jeratan Pinjaman Online

Pertanyaan kapan nikah seringnya ditujukan untuk sanak saudara yang masih melajang. Pertanyaan ini jelas bikin tidak nyaman. 
 
Untuk kalian para single, jangan risau. Berikut 5 tips jitu menghadapi pertanyaan kapan nikah saat Lebaran.

1. Masih Fokus Pendidikan/Kerja

Kalau saat ini kalian masih kuliah atau bekerja, pertanyaan kapan nikah bisa ditangkis dengan jawaban "Saya mau fokus pendidikan dulu" atau "Saya sudah ada planning dan sedang berusaha mengejar karir saya di pekerjaan saya saat ini". 

Jawaban yang cerdas dan masuk akal. Tapi tapi tapi... Saat sudah dijawab demikian, masih akan ada serangan seperti "Sekolah terus, kapan punya anak?" atau " nikah juga bisa sambil kerja,nanti kamu keburu ketuaan". 

Kalau kalian mendapat pertanyaan seperti itu, jangan emosi dulu. Tenang dan jawab seperti ini "Saya ingin memastikan kehidupan anak saya kelak berkecukupan. Jadi, saya sekarang sedang berusaha mewujudkannya". Dengan jawaban tadi, dijamin si penanya akan sungkan untuk bertanya lagi.

2. Balik Tanya

Saat ditanya kapan nikah, kita bisa langsung mengeluarkan jurus balasan yang sama, yaitu mengajukan pertanyaan juga. Contohnya kalau yang bertanya adalah orang yang sudah menikah, kalian bisa mengatakan "Kapan nambah momongan?" atau kalau yang bertanya teman yang sama-sama belum menikah, kalian bisa bilang "Kamu juga kapan nikahnya? Udah pacaran lama kan?!" Nah, kalau sudah ditanya balik begitu, yang bertanya akan kelimpungan sendiri. 

 

3. Jawab dengan Humor

Tidak melulu serius, pertanyaan kapan nikah juga bisa ditanggapi dengan lelucon. Misalnya "Saya nikahnya sudah pasti kok. Kalau gak Sabtu ya Minggu".

Pertanyaan kapan nikah ini juga sering dibarengi dengan sindiran, seperti "Waktu seumur kamu dulu, Om udah punya anak dua". 

Kalau kalian para single bertemu dengan jenis pertanyaan seperti itu, boleh dijawab dengan "Iya Om, waktu seumuran Om, Pak Nadiem malah udah jadi menteri"

4. Minta doa

Ya, ini salah satu cara yang paling mudah. Jawab saja dengan kalimat seperti, "Doain aja, ya" atau "Minta doanya saja ya semoga bisa cepet nikah". 

5. Pergi
Cara yang terakhir ini adalah tips yang bisa kalian lakukan kalau kalian sudah merasa tidak nyaman dan terganggu. Kalian bisa tersenyum terlebih dahulu kemudian pergi meninggalkan si penanya agar tetap meninggalkan kesan sopan. 

Atau kalian bisa bilang "Permisi, saya angkat telepon dulu ya!" Setelah itu, cepat-cepatlah menjauh dari lokasi kejadian.  

Itu tadi beberapa tips yang mungkin bisa kalian terapkan di Lebaran kali ini. Ingat, jangan sedih bila kalian belum menemukan tambatan hati. 

Jodoh akan datang di waktu yang tepat, bukan di waktu Lebaran. Jadi, tetap berusaha dan sabar ya!

***Ditulis oleh wartawan magang Suciati Ningrum. 


tags: #tips #nikah #lebaran

Email: redaksi@kuasakata.com

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI