Mau Kerja Freelance Secara Online? Yuk, Kenalan sama Aplikasi Clickworker (Foto: Clickworker.com)

Mau Kerja Freelance Secara Online? Yuk, Kenalan sama Aplikasi Clickworker (Foto: Clickworker.com)

Mau Kerja Freelance Secara Online? Yuk, Kenalan sama Aplikasi Clickworker

Pengguna yang bergabung di Clickworker minimal harus berusia 18 tahun.

Selasa, 21 Juni 2022 | 15:21 WIB - Trik
Penulis: Siti Muyassaroh . Editor: Wis

APA itu aplikasi Clickworker? Dan bagaimana cara kerjanya hingga bisa menghasilkan uang?

Clickworker adalah sebuah platform resmi yang akan memberikan bayaran untuk menyelesaikan suatu tugas atau pekerjaan tertentu.  Situs ini telah ada sejak 2005 dan hingga saat ini masih konsisten membayar kepada setiap anggotanya. 

BERITA TERKAIT:
Mau Kerja Freelance Secara Online? Yuk, Kenalan sama Aplikasi Clickworker

Untuk jumlah tugas ataupun jenis pekerjaannya, tidak memerlukan kualifikasi tertentu. Berbagai tugas di clickworkerpun bersifat fleksibel dan bisa dikerjakan kapan pun dan di mana pun selama masih terkoneksi dengan internet.

Clickworker cocok digunakan sebagai aplikasi penambah cuan di samping pekerjaan utama.

Berikut beberapa tugas atau pekerjaan yang tersedia di Clickworker.

1. Data Entry

Tugas berupa Data Entry termasuk memilah kategori dan indeks data dalam jumlah besar. Tugasnya bisa berupa menandai video, konten audio, dan gambar untuk memilahnya. Bisa juga memvalidasi data dengan cara menguji informasi Online, atau melakukan riset data secara Online.

2. Survey

Jenis survey yang akan tersedia untuk freelancer tergantung pada kriteria yang ditentukan oleh klien.

3. App testing

App testing atau menguji aplikasi, yakni pengguna yang memiliki smartphone atau tablet Android atau Apple phone, bisa mengerjakan tugas ini dengan cara menginstal aplikasi, mencobanya, lalu memberikan feedback atau review tentang aplikasi ini

4. Mystery photography

Tugas ini berhubungan dengan shopping. Misal, freelancer harus memotret suatu toko atau restoran untuk memastikan alamatnya, serta menyediakan informasi terbaru tentang promo suatu toko.

 

5. Translation

Menterjemahkan teks pendek dari berbagai bahasa di dunia. Freelancer yang fasih berbagai bahasa bisa mendapatkan banyak pekerjaan seperti ini

6. Writing

Menulis teks untuk Online marketing, seperti menulis deskripsi produk atau mengatur kategori produk untuk klien e-commerce

7. Proofreading

Tugas ini fokus pada perbaikan ejaan, tata bahasa, dan gaya tulisan suatu karya tulis. Bisa juga memastikan bahwa penulis mengikuti arahan tertentu yang ditentukan klien.

8. Copy editing

Tugas editor memastikan bahwa penulis menulis sesuai dengan arahan. Untuk mengerjakan tugas ini, harus memperhatikan detail dan fokus pada kualitas tulisan. Karya tulis yang akan diedit harus sudah diperbaiki tata bahasa dan ejaannya.

Pengguna yang bergabung di Clickworker minimal harus berusia 18 tahun. Seusai mendaftar nantinya akan disuruh untuk mengerjakan beberapa informasi dasar. Hal ini berhubungan dengan keahlian berbahasa, hobi, pengalaman kerja, dan lain-lain.

Untuk setiap tugas yang kita kerjakan maka nantinya kita akan mendapatkan imbalan,besarnya imbalan dapat bervariasi. Tergantung banyak hal mulai dari jenis tugas,durasi tugas,dan tingkat kesulitan tugas tersebut.

Tugas ini dikelompokkan berdasarkan jenisnya, seperti untuk translator sendiri, membuat video pendek sendiri, dan lain-lain. Besarnya imbalan yang diberikan untuk setiap tugas yang diselesaikan adalah 0.15-3 euro.

Dalam menyelesaikan pekerjaan, Clickworker menerapkan sistem rating untuk menilai apakah tugas ini memang dikerjakan dengan sungguh-sungguh atau tidak.

Rating ini akan berpengaruh terhadap banyaknya tugas selanjutnya yang akan didapatkan. Apabila rating bagus, maka kesempatan untuk mendapat tugas berikutnya akan semakin besar.

Jadi mempertahankan rating sangat mempengaruhi akan pendapatan kita di Clickworker. Jika sudah mencapai batas minimum,maka imbalan atau uang tersebut dapat langsung tarik melalui akun Paypal. 


tags: #clickworker #apa itu clickworker? #kerja freelance #online

Email: redaksi@kuasakata.com

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI