Sederet Makanan Untuk Penderita Flu Ini Bisa Mempercepat Proses Pemulihan (Foto: Istimewa)

Sederet Makanan Untuk Penderita Flu Ini Bisa Mempercepat Proses Pemulihan (Foto: Istimewa)

Sederet Makanan Untuk Penderita Flu Ini Bisa Mempercepat Proses Pemulihan

Sayuran sudah terbukti menyehatkan tubuh, termasuk sebagai pereda flu.

Kamis, 23 Juni 2022 | 11:14 WIB - Trik
Penulis: Siti Muyassaroh . Editor: Wis

SAAT terserang flu, seseorang biasanya akan malas makan. Padahal, makan makanan bernutrisi baik untuk proses pemulihan.

flu dapat menyerang siapa saja dan kapan saja. gejala yang ditimbulkan, seperti demam, sakit kepala, pilek, hingga penurunan nafsu makan pun membuat tubuh tidak nyaman.

BERITA TERKAIT:
Sederet Makanan Untuk Penderita Flu Ini Bisa Mempercepat Proses Pemulihan
Akui Sempat Terpapar Omicron, Luna Maya: Rasanya Kaya Flu Biasa
Satu Pasien di Peru, Meninggal Dunia Karena Infeksi Flurona
Anggota PDIP: Jika PSBB Dilonggarkan, Ingat Kasus Flu Spanyol

Meski begitu, Anda tetap perlu asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh agar sistem imun meningkat. Makanan untuk flu sebaiknya tinggi protein yang dapat membantu sistem kekebalan tubuh, dan mengandung cairan demi mencegah dehidrasi.

Berikut ini adalah beberapa makanan untuk proses pemulihan yang dianjurkan saat Anda terserang flu.

1. Kaldu

Kaldu adalah makanan untuk flu yang sangat baik dalam mempercepat proses penyembuhan. Kaldu merupakan cairan yang dihasilkan dari rebusan daging, tulang, atau sayuran, bersamaan dengan Rempah-rempah lainnya. 

Kaldu, khususnya yang dibuat dari tulang, mengandung nutrisi yang sangat kaya, di antaranya kalsium, magnesium, fosfor, vitamin A, hingga mineral seperti zink dan zat besi. Nutrisi-nutrisi tersebut membantu agar tubuh lebih cepat pulih.

Ketika Anda flu, tubuh juga cenderung mengalami dehidrasi atau kehilangan cairan tubuh melalui keringat, demam, dan lendir penyumbat hidung. Nah, kaldu membantu mencegah dehidrasi.

Efek menghangatkan dari kaldu juga berperan dalam meredakan gejala flu, seperti sakit tenggorokan dan melegakan hidung tersumbat.

2. Sup ayam

Sup ayam merupakan makanan yang tepat untuk meredakan flu karena menggabungkan manfaat kaldu, ayam, sayuran, dan rempah. 

Tidak hanya dapat terhidrasi dengan baik, sup ayam juga mengenyangkan dan menyehatkan dengan bahan-bahan di dalamnya, seperti kandungan protein, vitamin, dan serat. 

3. Ikan

Ikan seperti tuna, kembung, dan salmon merupakan jenis makanan yang kaya akan omega-3. Omega-3 sangat baik dalam menjaga sistem kekebalan tubuh untuk mencegah, sekaligus melawan penyakit. Selain itu, kandungan lemak ikan juga merupakan antiperadangan alami yang baik dalam proses pemulihan. 

4. Kacang-kacangan 

Jenis kacang-kacangan seperti zaitun dan kenari juga kaya akan omega-3 untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. 

5. Bawang putih 

Konsumsi suplemen bawang putih atau makan bawang putih mentah sekalipun terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjadi pereda flu

Jika tak terlalu suka mengonsumsinya mentah, Anda bisa menambahkan bawang putih dalam setiap masakan Anda sebagai alternatif. 

6. Sayuran

 

Sayuran sudah terbukti menyehatkan tubuh, termasuk sebagai pereda flu. Sayur-sayuran, seperti brokoli, bayam, kangkung, dan sayuran berdaun hijau lainnya kaya akan vitamin, mineral, dan serat. 

Selain untuk memenuhi kebutuhan tubuh, kandungan ini sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh di masa pemulihan.

7. Buah

Buah termasuk salah satu makanan untuk meredakan flu. Buah untuk flu yang terbaik adalah yang mengandung vitamin C karena dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Beberapa buah tinggi vitamin C yang baik untuk flu, yaitu jeruk, lemon, jambu biji, mangga, apel, pepaya, pisang, cranberry, dan kiwi.

8. Yogurt 

Ypghurt merupakan produk olahan susu melalui proses fermentasi. Dengan kandungan nutrisi dan protein di dalamnya, yogurt menjadi salah satu makanan yang dianjurkan untuk flu dan membantu meredakan radang tenggorokan. 

Kandungan bakteri baik di dalamnya juga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan. Dengan demikian, nutrisi dari setiap makanan yang masuk dapat terserap dengan baik. Sebaiknya Anda mengonsumsi yogurt utuh (plain) tanpa tambahan gula.

9. Oatmeal

Semangkuk oatmeal hangat bisa menjadi superfood yang praktis untuk meredakan flu

Kandungan nutrisi seperti vitamin E, antioksidan polifenol, dan serat beta-glukan dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.  

10. Rempah

Ketika flu, Anda mungkin mengalami gejala hidung tersumbat, sakit tenggorokan, dan sesak di bagian dada. Rempah-rempah seperti lada, jahe, kunyit, dan kapulaga dapat meredakan gejala tersebut dan membuat Anda bernapas lebih baik. 

Kandungan vitamin dan mineral di dalam Rempah-rempah juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

11. Susu, telur, dan daging rendah lemak

Sumber protein, seperti susu, telur, dan daging, baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh karena dapat menjaga daya tahan tubuh tetap kuat. Dengan demikian, sistem imun bisa lebih efektif dalam membasmi virus dan kuman di dalam tubuh.

Protein dibutuhkan untuk menghasilkan antibodi, memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, dan mendukung proses pemulihan tubuh ketika sakit atau luka. Oleh karena itu, Anda perlu mencukupi asupan protein selama terkena flu agar bisa cepat pulih.

12. Cabe

Cabe juga baik dikonsumsi sebagai makanan untuk meredakan flu berkat kandungan vitamin C dan antioksidannya yang tinggi. Kandungan ini dapat mengencerkan dahak dan lendir di hidung dan tenggorokan, sehingga cukup efektif untuk meredakan gejala batuk dan pilek karena flu.

Selain memakan makanan di atas, Anda juga disarankan untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih agar tubuh tidak mengalami dehidrasi saat sedang flu.

Selain air putih, Anda juga bisa mencoba pilihan minuman lain yang baik untuk meredakan flu, seperti teh hangat yang dicampur madu, air kelapa, atau teh herbal, misalnya chamomile atau sambiloto.

Saat terserang flu, Anda tetap dianjurkan untuk memperbanyak istirahat dengan durasi selama 7-9 jam setiap malam. 


tags: #flu #demam #makanan untuk penderita flu #gejala #rempah-rempah

Email: redaksi@kuasakata.com

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI