Rebo Wekasan Jatuh Malam Ini, Berikut Bacaan Doa dan Tata Cara Salat Tolak Bala 

Dipercaya setiap Rebo Wekasan akan terjadi berbagai macam musibah dan bencana yang merupakan cobaan kepada setiap umat di dunia.

Selasa, 20 September 2022 | 09:38 WIB - Doa
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

Rebo Wekasan adalah rabu terakhir di bulan Safar. Tahun ini Rebo Wekasan akan jatuh pada Rabu 21 September 2022.  Sesuai adat serta tradisi masyarakat Jawa, pada Rebo Wekasan dianjurkan untuk melaksanakan ibadah serta ritual degan tujuan terhindar dari marabahaya dan bencana.

Dipercaya setiap Rebo Wekasan akan terjadi berbagai macam musibah dan bencana yang merupakan cobaan kepada setiap umat di dunia.

BERITA TERKAIT:
Rebo Wekasan Jatuh Malam Ini, Berikut Bacaan Doa dan Tata Cara Salat Tolak Bala 
Amalkan Doa Ini Agar Kita Terhindar dari Bencana dan Mara Bahaya

contoh ritual dilaksanakan jelang Rebo Wekasan seperti sholat salat tolak bala, berdoa dengan doa khusus, hingga acara selamatan.

Ritual Rebo Wekasan bermula dari anjuran Syeikh Ahmad bin Umar Ad-Dairobi yang wafat pada 1151 H.

Dalam kitab Mujarrobat ad-Dairobi disebutkan bahwa setiap hari Rabu terakhir di Bulan Safar akan diturunkan 320.000 macam bala dan bencana.

Diyakini pada hari tersebut adalah hari yang menjadi paling berat untuk setahun kedepan. Kitab Mujarrobat ad-Dairobi mengungkap, barangsiapa pada hari itu melakukan sholat sunnah empat rakaat, maka akan diberikan keselamatan serta dijauhkan dari marabahaya.

Adapun salat sunnah Rebo Wekasan atau Lidaf'il Bala ditunaikan setelah terbitnya matahari, namun ada pula yang melaksanakan seusai salat maghrib.

Perlu diketahui bahwa doa tolak bala ini bisa dibaca kapanpun, tidak terbatas di momen Rebo Wekasan saja.

doa tolak bala

Bismilahirrahmanirrahim wa shallallahu ‘ala sayidina muhammadin wa ‘ala alihi wa shohbihi wa sallam. Allahumma ya syadidal quwa wa ya syadidal mihal ya azizu zallat li ‘izzatika jami’u kholqika ikfini min jami-‘i kholqika ya muhsinu ya mujammilu ya mutafadhdhilu ya mun’imu ya mukrimu ya man la ilaha illa anta bi rahmatika ya arhamarrahimin.

Allahumma bisirril hasani wa akhihi wa jaddihi wa abihi ikfini syarra hazal yauma wa ma yanzilu fihi ya kafiyal muhimmat ya dafi-‘al baliyyat fasayakfikahumullahu wa huwas sami’ul ‘alim.

Wa hasbunallahu wa ni’mal wakilu wa la hawla wa la quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘azim. Wa shallallahu ta’ala ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ala alihi wa shohbihi wasallam.

 


Artinya:

"Dengan Nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Semoga shalawat dan salam Allah senantiasa tercurah pada junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, keluarga dan para sahabatnya. Ya Allah, Tuhan Yang Maha Memiliki Kekuatan dan Keupayaan.

Ya Tuhan Yang Maha Mulia dan karena kemuliaan-Mu itu, menjadi hinalah semua makhluk ciptaan-Mu, peliharalah aku dari kejahatan makhluk-Mu. Ya Tuhan Yang Maha Baik. Yang Memberi Keindahan, Keutamaan, Kenikmatan dan Kemuliaan. Ya Allah, Tiada Tuhan kecuali hanya Engkau. Kasihanilah aku dengan Rahmat-Mu, wahai Zat yang Maha Penyayang.

Ya Allah, dengan rahasia kemuliaan Sayyidina Hasan dan saudaranya, serta kakeknya dan ayahnya, ibunya dan keturunannya, jauhkan aku dari kejahatan hari ini dan kejahatan yang akan turun padanya.

Wahai Zat Yang Maha Mencukupi Harapan dan Menolak Bala, cukuplah Allah Yang Maha Memelihara lagi Maha Mengetahui untuk memelihara segalanya. Cukuplah Allah tempat kami bersandar, tiada daya dan upaya kecuali atas izin Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung. Dan semoga Allah mencurahkan rahmat-Nya kepada Nabi Muhammad SAW. beserta keluarganya dan para sahabatnya."

doa tolak bala tersebut bisa dibacakan di pagi hari Rabu terakhir bulan Safar 1444 H yang mana bertepatan pada tanggal 21 September 2022.

Selain mengamalkan doa tolak bala, berikut berbagai amalan baik yang bisa dilakukan di momen Rebo Wekasan untuk mengharap kebaikan dan ridho dari Allah SWT:


1. Membaca dzikir dan tahlil

2. Bersedekah

3. Bersilaturahmi

4. Menebar salam dan kebaikan

5. Bersyukur kepada Allah dan meminta perlindungan-Nya setiap waktu


Selain itu, momen Rebo Wekasan juga bisa diisi dengan acara kumpul keluarga dalam rangka mempererat tali silaturahmi.


tags: #doa tolak bala #rebo wekasan #salat talak bala

Email: redaksi@kuasakata.com

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI