Simak! Ini Cara Menyimpan Jamur Tiram di Kulkas Agar Awet hingga Seminggu

Selain sebagai lauk, jamur tiram juga bisa dibuat cemilan dengan cara digoreng dengan tepung krispi atau dibakar seperti sate. 

Senin, 29 Mei 2023 | 10:45 WIB - Trik
Penulis: Siti Muyassaroh . Editor: Wis

jamur tiram menjadi salah satu jenis bahan makanan yang banyak dicari para ibu. Selain harganya cukup terjangkau, jamur tiram juga bisa dijadikan berbagai macam masakan.

jamur tiram sangat gampang diolah dengan berbagai resep, baik itu ditumis, digoreng, dioseng, atau dimasak kuah. Cara memasak ini sangat cocok jika dijadikan sebagai pelengkap makan nasi.

BERITA TERKAIT:
Simak! Ini Cara Menyimpan Jamur Tiram di Kulkas Agar Awet hingga Seminggu
Jelang Pensiun, 20 Anggota Polres Pemalang Dilatih Budidaya Jamur Tiram
Lapas Brebes Panen Jamur Tiram Hasil Budidaya Warga Binaan
PKM, Dosen Teknik Elektro USM Serahkan Alat Sistem Monitoring Kumbung Jamur

Selain sebagai lauk, jamur tiram juga bisa dibuat cemilan dengan cara digoreng dengan tepung krispi atau dibakar seperti sate. 

Sayangnya, jamur tiram harus segera dimasak setelah dibeli dari pasar atau dari warung. Jika tidak, makan jamur tiram akan cepat membusuk, sehingga sulit untuk dijadikan stok bahan makan.

Nah, dalam artikel ini, KUASAKATACOM akan menyajikan cara menyimpan jamur tiram agar tahan lama dan tahan selama satu minggu di dalam kulkas.

1. Pilih jamur yang masih segar

Memilih jamur tiram yang segar dan berkualitas baik akan sangat berpengaruh terhadap masa penyimpanannya. Ciri-ciri jamur tiram yang masih segar adalah tidak ada bintik-bintik cokelat, tidak licin atau berlendir, dan mengeluarkan aroma yang khas.

2. Buang bagian kotor atau lembap

 

Sebelum menyimpan, sebaiknya buang bagian yang kotor dan lembap. Namun ingat untuk membuangnya tanpa mencucinya dengan air. Cukup hilangkan bercak atau noda cokelat menggunakan pisau.

3. Bersihkan bagian akar

Akar jamur merupakan salah satu bagian yang paling sering kotor dan lembap. Oleh karena itu, membuang bagian akar jamur sebelum menyimpan bisa memperpanjang umur simpannya.

4. Tidak perlu dicuci dengan air

Sebelum menyimpan, hindari untuk mencuci jamur tiram. Air sisaan cucian yang mengendap justru dapat membuat jamur tiram berlendir, berbau, dan cepat busuk. Untuk membersihkannya, cukup lap saja menggunakan tisu kering.Cuci jamur tiram saat hendak dimasak.

5. Simpan dalam wadah kedap udara atau bungkus dengan kertas

Jamur yang disimpan dalam plastik atau wadah kedap udara akan membuatnya lebih awet dan segar. Selain itu, Anda perlu mengalasi wadah dengan tisu dapur agar jamur tiram tidak mudah lembek.  

Selain dengan kertas atau wadah kedap udara, kertas juga bisa digunakan untuk menyimpan jamur tiram agar tahan lama. Pastikan jamur tiram sudah dibersihkan dan dalam keadaan kering, ya.

6. Simpan di kulkas dengan suhu 0-10 derajat celcius

Langkah terakhir adalah simpan jamur tiram di dalam kulkas dengan suhu cukup dingin. Langkah tersebut bisa membuat jamur awet hingga satu minggu lamanya. Sekalipun begitu, jangan menyimpan jamur di bawah titik beku agar tidak cepat rusak.

***

tags: #jamur tiram #kulkas #busuk

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI