TIPS Aman Hindari Bahaya Rem Mendadak dari Kendaraan di Depan

Semakin banyak atau lengkap informasi yang didapatkan akan menyempurnakan prediksi bahaya yang mungkin terjadi.  

Sabtu, 15 Juli 2023 | 16:35 WIB - Trik
Penulis: Holy . Editor: Muyassaroh

SAAT bertemu dengan kendaraan depan yang mengerem mendadak, kita memiliki peluang besar mengalami benturan atau kecelakaan dengan kendaraan yang mengerem itu, atau mungkin benturan dengan kendaraan lain di sekeliling kita. 

Hal ini dapat dihindari agar kecelakaan atau benturan dengan kendaraan lain dapat terhindar karena kita hanya punya peluang jika ada jarak yang cukup untuk melakukan rem mendadak dan kendaraan belakang juga memiliki jarak aman, atau memiliki ruang yang cukup jika tindakannya pencegahannya menghindar. Kondisi di atas tetap membuat kita berada dalam posisi bahaya atau nyaris mengalami bahaya

BERITA TERKAIT:
319.093 Kendaraan Tinggalkan Jakarta selama Musim Mudik Lebaran 1445 H
Alami Insiden, Seorang Pengguna Maxim di Semarang Terima Santunan Lebih Dari Rp6 Juta
Kecelakaan Beruntun di Gerbang Tol Halim, Libatkan Lima Kendaraan
Sepanjang 2023, 40 Insiden Kecelakaan Kereta vs Kendaraan Terjadi Wilayah Kerja KAI Daop 4 
Selama Operasi Keselamatan Polri, Sebanyak 86.437 Kendaraan Ditilang

Oke Desiyanto selaku Senior Instruktur Safety Riding membeberkan tips agar kita tidak berada dalam situasi di belakang kendaraan yang mengerem tiba – tiba. Hal pertama adalah dengan memaksimalkan pandangan mata mendapatkan detail situasi di depan secara lengkap dan seluas mungkin. 

"Carilah detail informasi selama berkendara, contoh ada berapa banyak kendaraan di depan, berapa jaraknya masing - masing, apakah ada dalam beberapa detik berikutnya akan melalui persimpangan atau keramaian bahkan perumahan yang memungkinkan pergerakan arus kendaraan didepan atau paling depan tiba – tiba terhenti mendadak akibat aktifitas yang tidak terduga," kata Oke, Sabtu (15/7). 

 

Selain itu, kembangkan dugaan–dugaan atau bahaya yang mungkin terjadi dari situasi yang ada saat ini. Semakin banyak atau lengkap informasi yang didapatkan akan menyempurnakan prediksi bahaya yang mungkin terjadi.  

Tips kedua yaitu fokus ketika berkendara sehingga kita dapat merespon dan mengantisipasi bahaya dengan tepat dan benar.

"Selalu menjaga jarak dengan kendaraan yang depan adalah langkah yang harus selalu dilakukan ketika berkendara. Hal ini karena kita membutuhkan waktu dalam merespon bahaya," jelasnya.

Dengan jarak kendaraan yang aman, pengendara akan memiliki jarak dan waktu yang cukup untuk bereaksi ketika mengantisipasi bahaya dari kendaraan yang tiba-tiba bermanuver atau mengerem mendadak

“Sebaiknya dalam berkendara, menjadikan keselamatan sebagai tujuan utama, mematuhi aturan serta undang – undang dan etika berlalu lintas sekalipun jalan sepi maupun ramai, serta waspada terhadap pengendara lain disekitar kita," tutup Oke.

***

tags: #kendaraan #kecelakaan #bahaya #rem mendadak

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI