Dear Suami, Lakukan Ini Jika Istrimu Alami Baby Blues Usai Melahirkan Si Kecil

Baby blues biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu.

Selasa, 05 September 2023 | 18:33 WIB - Trik
Penulis: Siti Muyassaroh . Editor: Wis

TOPIK tentang baby blues belakangan ramai diperbincangkan usai seorang ibu hampir membuang bayinya di rel kereta. ibu muda tersebut diduga mengalami sindrom baby blues hingga nekat melakukan aksi tersebut.

Sindrom baby blues sendiri merupakan masalah mental yang biasa dialami ibu yang baru melahirkan. baby blues yang dialami para ibu ini biasanya berkaitan dengan gangguan suasana hati yang mereka rasakan.

BERITA TERKAIT:
Dear Suami, Lakukan Ini Jika Istrimu Alami Baby Blues Usai Melahirkan Si Kecil
Diduga Jadi Alasan Ibu Muda Buang Bayinya di Rel Kereta, Apa Itu Baby Blues?
Viral Seorang Ibu Hampir Buang Bayinya di Rel Kereta, Diduga Alami Baby Blues

Hampir 80 persen ibu baru, terutama yang baru memiliki satu anak pernah mengalami sindrom ini. Sindrom ini akan muncul di pekan pertama pascapersalinan, dan berlangsung sekitar 2-10 hari.

Sindrom baby blues ini akan ditandai dengan munculnya perasaan sedih, cemas, stres, dan perubahan suasana hati lainnya. baby blues biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu.

Tetapi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan suami untuk membantu ibu yang mengalami baby blues, yaitu:

1. Pastikan Selalu Menemani

Temanilah si ibu di masa-masa awal kemunculan baby blues. suami bisa ikut terbangun ketika si kecil menangis di tengah malam untuk menyusu agar bisa menemani si ibu. Hal ini bertujuan agar sang ibu tidak akan merasa sendirian.
 
2. Menjadi Pendengar

Alih-alih mengatakan bahwa apa yang si ibu rasakan ia berlebihan. Ada baiknya suami meluangkan waktu dan konsentrasi untuk menjadi pendengar yang baik. 

3. Beri Pelukan

 

Saat memiliki seorang bayi, seorang perempuan akan memfokuskan energinya untuk menyayangi, mengasihi, dan memberi perhatian pada si kecil. Di saat yang sama, ia juga membutuhkan kasih sayang yang sama. 

Untuk itu jangan lupa untuk selalu memeluk si ibu.
 
4. Membantu Mengurus bayi

Begitu si kecil lahir, seluruh waktu si ibu akan tersita untuk mengurus si kecil. Bantulah si ibu untuk mengurus si kecil seperti menggendongnya, menggantikan popoknya, atau menyendawakannya.
 
5. Menggantikannya Menyelesaikan Pekerjaan Rumah

Bantuan suami dalam menyelesaikan pekerjaan rumah akan sangat berarti, sementara si ibu mengurus si kecil. Hal ini dapat meringankan beban pekerjaan si ibu dan membuatnya lebih nyaman.
 
6. Pastikan Asupan Gizi Seimbang

ibu membutuhkan banyak energi untuk menyusui si kecil dan mengurusnya. Pastikan ia mendapat cukup asupan, terlebih bila ia tidak sempat memasak.

Pastikan juga cairannya terpenuhi dan ia meminum vitamin yang diresepkan oleh dokter.

Baca Juga: Fakta Baru! Tak Hanya baby blues, Pernikahan Bukan Karena Cinta Juga Pemicu ibu Buang bayi ke Sumur
 
7. Jalan-Jalan atau Me Time

Awal-awal memiliki anak, perempuan akan disibukkan di rumah saja. Hal ini tentu membuatnya bosan dan rentan stres. 

Ia kehilangan waktu bersenang-senang yang ia miliki saat masih hamil. Ajak ia jalan-jalan dan titipkan si kecil bila sudah bisa ditinggal pada orang tua atau kerabat. 

8. Jika Perlu Ajak Bertemu Psikolog

Jika dirasa perlu pihak ahli untuk memperbaiki kondisi sang ibu, ada baiknya untuk membuatkannya janji bertemu dan menemaninya ke psikolog.

***

tags: #baby blues #suami #ibu #melahirkan #bayi

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI