Sudah Tahu? Ini Manfaat Jalan Kaki yang Ternyata Baik untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Kamu hanya perlu melakukannya selama 20 - 30 menit per harinya untuk meningkatkan kondisi kesehatan.

Senin, 18 September 2023 | 10:31 WIB - Trik
Penulis: Siti Muyassaroh . Editor: Wis

APAKAH kamu sudah tahu jika jalan kaki merupakan satu jenis olahraga? Memang terdengar sangat mudah dilakukan, tetapi jalan kaki ternyata memiliki beragam manfaat untuk kesehatan fisik maupun mental.

jalan kaki menjadi satu olahraga yang murah, karena tak membutuhkan peralatan khusus. Yang diperlukan hanya pakaian dan sepatu yang nyaman.

BERITA TERKAIT:
Teliti Stem Cell, Peneliti UNAIR Raih Penghargaan HAKI 2024
Tentukan Keberuntungan Lewat Imperial Fengshui
Lapas Brebes Gelar Pemeriksaan Kesehatan dan Pengobatan Gratis Bagi Warga Binaan
Layani Pemudik Lebaran 2024, Pemkab Sragen Sediakan Lima Posko Kesehatan
Dirwatkeshab Ditjenpas Kemenkumham RI Kunjungi Lapas Brebes

olahraga ini juga bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun. Kamu hanya perlu melakukannya selama 20 - 30 menit per harinya untuk meningkatkan kondisi kesehatan.

Berikut ini merupakan manfaat jalan kaki yang bisa meningkatkan kesehatan fisik maupun mental.

1. Memperkuat fisik tubuh

Rutin berjalan kaki setiap hari bisa memperkuat fisik tubuh. olahraga ini bisa meningkatkan kekuatan otot paha, betis, hingga seluruh bagian kaki. Kamu bisa mencoba berjalan pada area yang menanjak dan menurun. 

Selain itu, jika kamu menemukan area yang memiliki anak tangga, sebaiknya gunakan anak tangga agar kekuatan bagian kaki semakin optimal.

2. Menjaga kesehatan jantung

Salah satu alasan pentingnya jalan kaki adalah menjaga kesehatan jantung. jalan kaki yang dilakukan secara rutin mampu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh serta membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, sehingga dapat mencegah terjadinya serangan jantung akibat penyakit jantung koroner.

3. Menurunkan berat badan

 

jalan kaki secara rutin dapat membantu kamu membakar kalori pada tubuh. Aktivitas fisik ini melibatkan gerakan tubuh secara keseluruhan sehingga dapat mengoptimalkan proses metabolisme dan pembakaran kalori dalam tubuh. 

jalan kaki selama 30 menit setiap hari yang diimbangi dengan pola makan sehat dapat membantu menurunkan risiko obesitas.

4. Melancarkan pencernaan

Setelah mengonsumsi makanan, kamu perlu melakukan aktivitas fisik ringan untuk membantu melancarkan sistem pencernaan. Salah satunya yaitu dengan berjalan santai sekitar 20-30 menit.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

manfaat jalan kaki di pagi hari, terutama saat sinar matahari pagi telah muncul, akan mengoptimalkan proses sintesis vitamin D yang berperan penting bagi sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, studi yang dilakukan oleh peneliti dari North Carolina Research Campus menunjukkan hasil bahwa jalan kaki atau olahraga aerobik lain yang dilakukan selama 30-45 menit setiap harinya dapat membantu mempercepat proses penyembuhan infeksi saluran pernapasan atas.

6. Menenangkan pikiran

Bukan hanya kesehatan fisik, berjalan kaki juga memberikan manfaat bagi kesehatan mental. Melansir dari The Primary Care Companion to The Journal of Clinical Psychiatry, berjalan kaki mampu menurunkan rasa cemas, depresi, hingga suasana hati yang buruk. 

jalan kaki diketahui mampu meningkatkan suasana hati karena dapat menurunkan pelepasan hormon stres, yaitu hormon kortisol dari dalam tubuh.

Untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal, cobalah berjalan kaki di pagi hari. Pasalnya, menghirup udara segar di pagi hari dapat memberikan efek relaksasi. Inilah yang membuat manfaat jalan kaki di pagi hari bisa meningkatkan suasana hati dan produktivitas Anda selama satu hari penuh.

***

tags: #kesehatan #olahraga #jalan kaki #manfaat

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI