Peringati Hari Batik Nasional, Tokopedia Bagi 5 Inspirasi Baju Batik Wanita Modern

Scarf batik bisa menjadi salah satu item fesyen yang multifungsi dan membuat penampilan menjadi lebih trendi.

Senin, 02 Oktober 2023 | 23:55 WIB - Trik
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Jakarta- Batik merupakan wastra kebanggaan Indonesia. Terlebih batik telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009. Momen itu pun setiap tahunnya dirayakan masyarakat Indonesia sebagai Hari Batik Nasional untuk terus menumbuhkan kebanggan dan kecintaan terhadap budaya Indonesia, yaitu batik. 

Oleh itu, kata Head of Category Development Tokopedia, Aldhy Darmayo, pihaknya menggelar Tokopedia Spesial Hari Batik hingga 7 Oktober 2023. “Untuk menyambut Hari Batik Nasional sekaligus mengakomodasi tingginya minat beli masyarakat terhadap produk batik, Tokopedia menggelar kampanye Tokopedia Spesial Hari Batik hingga 7 Oktober 2023," ucapnya. 

BERITA TERKAIT:
Tempe Diajukan Jadi Warisan Budaya Takbenda ke UNESCO
Di WWF Bali 2024, Nana Sudjana: Pemprov Jateng Teken Kerja Sama dengan UNESCO-IHE Institute for Water Education
Idul Fitri & Idul Adha Diakui UNESCO Sebagai Hari Besar Keagamaan Atas Usul Indonesia
UNESCO Puji Penanganan Stunting Kota Semarang 
Sah! UNESCO Akui Tradisi Buka Puasa Sebagai Warisan Budaya Takbenda

"Masyarakat bisa mendapatkan beragam produk batik untuk wanita, pria maupun anak dengan berbagai promo menarik, seperti diskon hingga 80% serta berbagai promo eksklusif dari brand lokal terkurasi,” sambungnya.

Selain itu Tokopedia juga memberikan lima rekomendasi baju batik wanita agar bisa bikin makin modis di Hari Batik Nasional. “Untuk bisa tetap tampil modis di Hari Batik Nasional, Tokopedia membagikan lima tips memilih jenis baju batik wanita yang sesuai dengan berbagai jenis kegiatan serta memberikan rekomendasi brand  lokal yang bisa jadi pilihan masyarakat di hari yang spesial ini,” kata Aldhy. 

1.    Atasan batik kasual yang colorful berikan kesan playful
Atasan batik kasual bisa dipadupadankan dengan berbagai jenis bawahan. “Padukan atasan batik berwarna cerah dengan rok atau celana jeans. Bisa juga menggunakan sneakers sebagai pelengkap penampilan yang casual dan playful,” kata Aldhy.

Salah satu pelaku usaha lokal di Tokopedia yang menyediakan pilihan atasan batik dengan desain dan cutting yang modern adalah PART of Nona Rara. “PART of Nona Rara sangat antusias berkreasi menciptakan produk-produk batik nusantara dengan kesan modern. Misi kami adalah memproduksi baju batik yang berkualitas dengan harga yang terjangkau,” ungkap Founder PART of Nona Rara, Pipiet Noorastuti.

2.    Pakai outer batik untuk tampil lebih modis
Outer batik terus menjadi item fesyen favorit masyarakat. Selain nyaman digunakan, outer batik mudah dijadikan layering yang bisa membuat penampilan makin menarik. “Untuk iklim tropis seperti Indonesia, pilih outer batik bermaterial katun yang mudah menyerap keringat sehingga dapat menciptakan rasa sejuk dan nyaman,” kata Aldhy. 

 

“Animo masyarakat dalam berbelanja outer batik sangat tinggi. Data internal kami menunjukkan produk outer batik mengalami peningkatan transaksi hampir 1,5 kali lipat,” ungkap Aldhy.* Masyarakat bisa mendapatkan berbagai produk outer batik yang modis dari brand lokal di Tokopedia, salah satunya BHATARABATIK. 

3.    Dress batik jadi penyelamat gaya kasual hingga formal
Bingung mau pakai baju apa? Dress batik bisa menjadi pilihan yang tepat untuk berbagai kegiatan. “Selain mudah dan nyaman digunakan, dress batik bisa memberikan kesan feminin dan anggun. Sangat cocok untuk momen spesial, seperti Hari Batik Nasional,” ungkap Aldhy.

Masyarakat bisa mendapatkan dress batik dari pelaku usaha lokal di Tokopedia, seperti Jayashree Batik. “Berdiri sejak tahun 2016, Jayashree Batik punya misi meningkatkan kesadaran masyarakat akan batik sebagai warisan budaya Indonesia. Kami terinspirasi dari motif batik nusantara yang unik dan kaya, namun tetap nyaman,” jelas Founder Jayashree, Daniel Budiman.

4.     Eksplor gaya etnik biar makin unik
Fashion styling dengan sentuhan etnik makin digemari masyarakat. Sudah banyak brand lokal yang menghadirkan fashion item etnik berwarna natural dengan desain apik. “Contohnya, rok lilit, yang bisa memberikan kesan tradisional sekaligus kekinian jika dipadupadankan secara tepat,” ujar Aldhy.

Salah satu brand lokal yang sukses menjangkau pasar anak muda dengan menghadirkan fashion item berdesain etnik nan kekinian adalah Oemah Etnik. Brand lokal ini menyediakan berbagai produk fesyen batik dengan warna natural, seperti earth tone, biru dan putih.

5.    Tampil trendi dengan scarf batik multifungsi
Scarf batik bisa menjadi salah satu item fesyen yang multifungsi dan membuat penampilan menjadi lebih trendi. “Masyarakat bisa memakai scarf sebagai pelengkap penampilan atau sebagai outer. Bahkan scarf batik juga bisa di mix and match menjadi hijab yang anggun,” ujar Aldhy.

Aldhy menambahkan data internal Tokopedia menunjukkan penjualan scarf atau syal batik di Tokopedia menjelang Hari Batik Nasional mengalami peningkatan hampir 1,5 kali lipat. “Masyarakat bisa mendapatkan produk scarf dengan motif menarik dari pelaku usaha lokal di Tokopedia, salah satunya Sejauh Mata Memandang,” pungkasnya.
 

***

tags: #unesco #pelaku usaha #hari batik nasional

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI