Tips Naik Kereta dari Semarang ke Jogja Cuma Rp48 Ribu Aja, Hemat Banget Kan?

Nah, ini nih rahasia nya. Kalau kamu naik kereta dari Semarang tujuan Jogja, pasti tiket keretanya mahal.

Senin, 05 Februari 2024 | 12:46 WIB - Trik
Penulis: - . Editor: Hani

Kamu mau jalan-jalan ke Jogja, tapi masih bingung mau pake moda transportasi apa? Mau naik travel, tapi rasanya kayak naik mobil. Mau naik Kereta Api, tapi jurusan dari Semarang langsung Jogja tiketnya mahal banget.

Nah, kali ini aku mau kasih tips buat kalian yang ingin naik kereta jurusan Jogja dari Semarang, biar dapat tiket perjalanan cuma Rp48 ribu aja. Cekidot...

BERITA TERKAIT:
Tips Naik Kereta dari Semarang ke Jogja Cuma Rp48 Ribu Aja, Hemat Banget Kan?
Viral di TikTok! Demi Bisa Jalan-jalan, Anak Ini Sampai Presentasi ke Orangtuanya yang "Strict Parents"

1. Beli tiket di aplikasi KAI 

Bagi kamu yang ingin naik kereta, sangat disarankan untuk memesan kereta menggunakan aplikasi KAI. Selain mempermudah dalam pengurusan tiket di hari pemberangkatan, kalian juga bisa tahu apakah di tanggal pilihan kalian ada jadwal pemberangkatan kereta tersebut atau tidak.

2. Pilih Kereta Banyubiru Tujuan Solo Balapan

Nah, ini nih rahasia nya. Kalau kamu naik kereta dari Semarang tujuan Jogja, pasti tiket keretanya mahal. Cara lain agar dapat tiket murah adalah pilih kereta Banyubiru jurusan Solo Balapan.

Caranya, kamu isi lokasi pemberangkatan Stasiun Tawang Semarang, dengan tujuan pemberangkatan ke Stasiun Solo Balapan dengan Kereta Api Banyubiru. Setelah itu kamu hanya perlu bayar tiket seharga Rp40 ribu saja. Waktu perjalanan kereta dari Stasiun Tawang Semarang - Solo Balapan sekitar 2 jam. 

 

Tips: Agar tidak mendapat kursi mundur saat berangkat, pilih nomor kursi genap (8,10,12).

3. Naik KRL dari Solo Balapan Menuju Stasiun Tugu

Langkah terakhir untuk menuju Jogja adalah naik KRL dari Stasiun Solo Balapan.  Setelah sampai di Stasiun Solo Balapan, kamu bisa langsung pesan tiket KRL di aplikasi gojek.

Caranya, buka aplikasi Gojek, lalu pilih GoTransit. Setelah itu, kamu isi lokasi pemberangkatan Stasiun Solo Balapan dan lokasi tujuan Stasiun Tugu Yogyakarta. 

Setelah memilih lokasi, kalian harus bayar dengan Gopay senilai Rp8 ribu saja. Waktu perjalanan KRL Stasiun Solo Balapan - Stasiun Tugu  sekitar 55 menit.

Nah, setelah naik KRL ini kalian sudah tiba di stasiun Tugu Yogyakarta. Dan kamu sudah berada di Jogja hanya dengan biaya sebesar Rp48 ribu saja.

Informasi tambahan, untuk perjalanan kereta dari Jogja ke Semarang, kalian perlu naik KRL dari Stasiun Tugu menuju Stasiun Solo Balapan terlebih dulu. Setelah itu, baru naik kereta jarak jauh dengan tujuan Stasiun Semarang Tawang.

Murah dan hemat bukan? Semoga tips perjalanan ini bisa membantu dan selamat mencoba...

*Ditulis wartawan magang Ika Melinda Ningtyas

***

tags: #jalan-jalan #jogja #kereta api

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI